4 Cara Cerdas Perawatan Bayi yang Membuat Si Kecil Selalu Nyaman

Ibu sudah merasa memberikan makan bayi dengan benar, sudah memandikan dengan baik, dan membuatnya wangi. Lantas, kenapa si kecil tidak kunjung berhenti menangis dan membuat Anda sakit kepala? Besar kemungkinan perawatan bayi yang ibu berikan belum dianggap benar sehingga perlu mencari informasi lebih. Supaya bisa memberikan perawatan yang tepat untuk membantu menjadikan buah hati selalu nyaman dan akhirnya selalu tenang. Ibu maupun suami pun nantinya bisa bernafas lega dan bisa berkonsentrasi dalam menjalankan kewajiban lainnya.

Cara Cerdas Membuat Bayi Selalu Nyaman

Si kecil yang rewel dan sulit ditenangkan bisa jadi karena ia tidak merasa nyaman sama sekali sehingga tidak berhenti menangis. Membuat bayi nyaman sangatlah penting dan ada beberapa cara cerdas untuk membuatnya demikian, yaitu:

  • Memberikan pelukan hangat pada si kecil,

Selama 9 bulan di dalam kandungan si kecil merasakan kenyamanan luar biasa, saat lahir ia butuh waktu beradaptasi. Wajar jika bayi baru lahir lebih sering menangis ketimbang anteng pertanda ia masih merasa kurang nyaman. Anda bisa membuat tubuhnya tetap hangat memakai baju dan selimut, dan paling efektif memberikan pelukan hangat.

Cara Cerdas Membuat Bayi Selalu Nyaman

  • Menyediakan baju yang bersih dan nyaman,

Baju yang Anda pilih kan kepada buah hati baiknya mencari yang nyaman, terbuat dari bahan yang lembut dan tentunya ringan namun tetap efektif menghangatkan badannya. Hindari kain yang teksturnya kasar dan agak panas sebab bisa membuat buah hati mudah menangis tanpa jeda meski sudah kenyang. Selain memperhatikan kenyamanan baju si kecil Anda pun wajib memperhatikan kebersihannya. Sebab kulit bayi yang sensitif mudah sekali iritasi jika terkena kuman dan bakteri maka pastikan benar-benar bersih.

  • Menjaga suhu sekitar selalu sejuk,

Bayi memang suka kehangatan namun jika suhu terlalu panas juga tidak akan mereka sukai sehingga membuatnya rewel. Memasang kipas angin bukanlah pilihan cerdas untuk membuat si kecil merasa sejuk bisa jadi malah masuk angin. Hindari pula memasang AC sebab suhu yang terlalu dingin bisa berakibat buruk bagi kesehatannya. Pertimbangkan membuka jendela supaya angin alami yang berhembus membuat tubuh bayi nyaman dan tidak ada resiko sakit karenanya sehingga aman dijadikan pilihan.

  • Memutar musik yang menenangkan,

Memainkan musik dengan instrumental yang lembut bisa membantu memperbaiki mood buah hati dan layak untuk dicoba. Bayi yang merasa kurang nyaman bisa saja diakibatkan terganggu dengan suara di sekitarnya yang membuat telinga sakit. Maka pilih masuk ke kamar yang tenang kemudian perdengarkan musik yang lembut. Meningkatkan efek nyaman Anda bisa mengayun si kecil di dalam gendongan atau alat bantu berupa ayunan bayi. Tepat dalam memberikan perawatan bayi dijamin membuat si kecil selalu nyaman sehingga tidak mudah rewel.

Kolom Diskusi

Advertisement