4 Cara Meredakan Radang Tenggorokan Akut yang Aman

Radang tenggorokan adalah salah satu hal yang paling mengganggu pita suara. Biasanya, penyakit ini timbul karena penggunaan pita suara yang berlebihan atau karena terpapar substansi berbahaya. Bila Anda terus memaksakan untuk bicara banyak, bisa-bisa jadi lebih parah. Lalu, sebenarnya bagaimana cara meredakan radang yang akut pada tenggorokan?

  1. Menghirup Udara Lembap

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi radang akut pada tenggorkan adalah dengan menghirup udara lembap. Udara lembap ini bisa Anda temukan di sekitar rumah yang memiliki banyak pepohanan besar yang membuatnya lebih sejuk. Udara lembap ini akan membantu membersihkan lendir dan cairan akibat peradangan di tenggorokan.

Cara Meredakan Radang Tenggorokan Akut

  1. Jangan Terlalu Banyak Bersuara

Hal lain yang perlu Anda lakukan bila mengalami radang pada tenggorokan adalah jangan terlalu banyak bersuara. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, salah satu penyebab utama terjadinya radang ini adalah penggunaan pita suara yang berlebihan. Bila Anda ingin sembuh, maka minimalkanlah berbicara.

Untuk berkomunikasi, Anda bisa menggunakan suara yang lembut. Suara yang lembut lebih direkomendasikan dibanding berbisik. Sebab, berbisik sebenarnya sama saja dengan bersuara keras. Ia mendorong seseorang untuk melakukan fungsi berlebihan pada tenggorokan sehingga tahap penyembuhan menjadi lebih lambat.

  1. Tak Perlu Menggunakan Antihistamin dan Kortikosteroid

Mungkin Anda pernah terserang radang ini dan menggunakan antihistamin dan kortokosteroid untuk menyembuhkannya. Ketahuilah, sebenarnya cara yang Anda lakukan selama ini adalah salah. Menggunakan dua obat ini memang akan meringankan tenggorokan Anda yang sakit, tapi tidak menyembuhkan.

Kedua obat ini hanya akan memberikan rasa nyaman pada tenggorokan Anda. Itupun hanya sementara. Akibat dari rasa nyaman yang Anda dapatkan, Anda akan tetap bersuara keras sebagaimana sebelumnya. Itu artinya, Anda membiarkan radang yang diderita menuju tahap lebih parah.

Memang, penggunaan ini bisa membuat Anda merasa bisa tetap bersuara dengan baik. Tapi sebaiknya hindarilah penggunaannya. Selain memberikan efek kesembuhan yang semu, obat ini juga menimbulkan efek samping. Efek samping ini juga malah bisa memperparah keadaan radang yang Anda derita.

  1. Berhenti Merokok

Untuk Anda yang seorang perokok dan mengalami radang bagian tenggorokan, cara paling tepat untuk mengatasinya adalah dengan berhenti merokok. Berhenti merokok berarti Anda memberikan ‘istirahat’ pada tenggorokan Anda. Penyembuhan radang pun akan lebih cepat. Saat radang Anda sembuh, sebaiknya tetap jangan merokok lagi. Untuk menjaga kesehatan.

Itulah beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk mengatasi radang tenggorokan akut yang Anda derita. Selain mengikuti cara di atas, dianjurkan juga untuk memenuhi kecukupan cairan tubuh. Minumlah minimal 8 gelas air sehari agar tubuh Anda tidak dehidrasi. Kecukupan air ini juga akan membantu proses penyembuhan menjadi lebih cepat.

Kolom Diskusi

Advertisement