5 Tempat Wajib Dikunjungi saat ke Bangka Belitung

5 Tempat Wajib Dikunjungi saat ke Bangka Belitung

Ilustrasi traveling: https://pixabay.com/en/passion-fruit-daiquiri-tropical-906099/

Bangka Belitung merupakan salah satu dari sekian banyak tempat yang disukai untuk berlibur. Kepulauan ini juga disebut Negeri Laskar Pelangi karena menjadi tempat syuting film dari buku karya Andrea Hirata itu. Selain itu,provinsi yang beribukotakan Pangkalpinang ini dikenal sebagai daerah penghasil timah, memiliki pantai yang indah dan kerukunan antar etnis.

Kepulauan ini terdiri dari dua pulau utama yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung serta pulau-pulau kecil seperti Lepar, Pongok, Mendanau dan Selat Nasik. Total pulau yang telah bernama berjumlah 470 buah dan yang berpenghuni hanya 50 pulau. Bangka Belitung terletak di bagian timur Pulau Sumatera, dekat dengan Provinsi Sumatera Selatan.

Di sana tumbuh bermacam-macam flora yang sangat cantik dan bisa diolah menjadi berbagai macam kerajinan. Mulai dari jenis kayu berkualitas yang diperdagangkan ke luar daerah, madu alam dan rotan. Madu Kepulauan Bangka Belitung terkenal dengan madu pahit.

Sedangkan untuk fauna, Belitong lebih memiliki kesamaan dengan fauna di Kepulauan Riau dan semenanjung Malaysia daripada dengan daerah Sumatera. Beberapa jenis hewan yang dapat ditemui di sini antara lain: Rusa, Beruk, Monyet, Lutung, Babi Hutan, Trenggiling, Musang, Burung Keruak , Elang, Ayam Hutan, Pelanduk Kancil, berjenis-jenis Ular dan Biawak.

Bagi kamu yang ingin datang ke sini, berikut tempat-tempat yang bisa dikunjungi.

Tambang timah

Pemerintah tengah serius menjadikan Bangbel sebagai satu dari 10 destinasi kamulan nasional. Salah satunya dengan menggarap bekas galian-galian timah menjadi taman wisata tambang timah. Meskipun begitu, tidak semua galian akibat tambang merusak daratan. Seperti galian biru yang ada di desa Bemban. kolong bekas tambang timah tersebut kini menjadi objek wisata tersendiri bagi masyarakat Bangka.Butiran pasir putih tertumpuk tinggi di pinggir kolong dan air yang jernih berwarna biru menjadi daya tarik tersendiri.

Jarak danau ini sekitar 60 KM atau satu jam perjalanan dari Pangkalpinang. Untuk datang kesana, kita dapat menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat.

Danau kaolin atau kolong biru ini akan ramai saat akhir pekan. Meskipun memiliki kedalaman belasan meter, masih banyak wisatawan menceburkan diri untuk mencoba kesegaran airnya.

Muntok white pepper

Bangka Belitung dikenal sebagai daerah penghasil lada putih yang terkenal dengan brand Muntok White Pepper. Perkebunan lada tidak hanya ditemukan di Muntok, Kota utama Pulau Bangka di masa lalu, tetapi tersebar di Pulau Bangka dan Belitung. Oleh karena itu, menyaksikan pemkamungan perkebunan lada adalah salah satu kegiatan yang dapat dilakukan ketika berkunjung ke Pulau Bangka Belitung. Tempat ini merupakan lada asli yang banyak ditemukan di Bangbel. Para wisatawan yang penasaran dapat mengunjungi beberapa perkebunan lada yang memang dibuka untuk umum. Di tempat itu nantinya mereka dapat mencoba memetik lada, serta memperoleh informasi dari mulai penanaman, perawatan hingga siap panen.

Kuliner tradisional

Bagi kamu yang senang icip-icip, bisa mencoba Kuliner tradisional BaBel yang mencuri perhatian. Bahkan terasi asal bangka sudah sangat terkenal kelezatannya. Selain itu ada pula otak-otak ikan, bacan Belitong, getas, jus rumput laut ‘Negeri Pelangi’, kecalo, teri crispy dan kerupuk kempelang. Kuliner yang benar-benar spesial yaitu Lempah Kuning. Lempah ini merupakan makanan yang khas dan menjadi makanan utama dalam keluarga dan masyarakat, juga menjadi makanan dalam upacara adat dan keagamaan.

Cinderamata

Sebagai daerah pantai, masyarakat setempat banyak yang mengkreasikan biota laut seperti siput, kerang, siput gonggong, lokan, simping, kimak, akar bahar dan lain-lain menjadi souvernir unik dan menarik. Selain itu Bangbel juga sangat terkenal dengan keindahan batu satam. Batu satam adalah jenis batu berwarna hitam yang seperti batu-batu permata pada umumnya, Batu Satam digunakan sebagai bahan perhiasan.

Museum Kata Andrea Hirata

Datang ke museum ini, pengunjung akan diajak menapaktilas perjalanan novel Laskar Pelangi. Mulai dari cuplikan halaman per halaman novel laris tersebut hingga diangkat menjadi sebuah film yang sangat laris di Indonesia. Museum Kata Andrea Hirata terletak di Jalan Raya Laskar Pelangi No.7, Gantong, Belitung Timur. Suasana yang disajikan novel Laskar Pelangi langsung terasa ketika menginjakkan kaki di halaman depan museum. Foto-foto yang dipasang di halaman museum seperti bercerita mengenai perjalanan karya sastra yang menjadi salah satu kebanggaan masyarakat Belitung ini. Museum ini didirikan oleh sang penulis novel Laskar Pelangi, Andrea Hirata. Untuk masuk ke museum yang diresmikan pada Bulan November 2012 ini, pengunjung tidak dikenakan biaya masuk.

Museum Kata Andrea Hirata menjadi museum sastra pertama dan satu-satunya di Indonesia. Berkunjung ke museum ini bisa membuat pengunjung mengenal bagaimana karya sastra menjadi bagian penting bagi kehidupan. Dari museum ini, pengunjung bisa mendapatkan inspirasi untuk lebih mencintai karya sastra, baik yang ada di Indonesia maupun luar negeri.

Sudah siap Bangka Belitung? Yuk, cari tiket travel mulai sekarang! Pastikan juga kamu pesan tiket di Reservasi.com karena banyak kamar menarik yang bisa dipesan dengan harga terbaik!

Kolom Diskusi

Advertisement