Amankah Nasi Lemak untuk Ibu Hamil?

Para ibu hamil cenderung sangat berhati-hati dalam memilih makanan yang akan mereka konsumsi selama masa kehamilan. Pasalnya, makanan yang tidak tepat tentu akan menggangu perkembangan janin di rahimnya. Selain itu, ibu hamil juga memerlukan banyak sekali asupan gizi yang baik untuk kesehatannya dan perkembangan janin yang dikandungnya.

Berbicara mengenai makanan, kita sudah tahu bahwa makanan pokok masyarakat Indonesia adalah nasi. Bahkan banyak yang beranggapan bahwa sebelum makan nasi, maka sama saja mereka belum makan walaupun sebelumnya mereka sudah makan roti, sereal dan lain sebagainya. Makanan pokok ini pun diolah sedemikian rupa menjadi berbagai jenis olahan seperti nasi uduk, nasi goreng, nasi lemak, nasi kuning dan lain sebagainya.

Segala jenis olahan nasi tersebut memiliki keunikan rasa tersendiri dan memiliki penggemarnya sendiri. Salah satu olahan nasi yang banyak digemari masyarakat Indonesia adalah nasi lemak. Nasi lemak ini merupakan makanan khas suku Melayu yang bisa kita temui di Negara Indonesia, Malaysia, Singapura dan Brunei.

Pertanyaannya adalah, amankah nasi lemak untuk ibu hamil? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari kita bahas terlebih dahulu mengenai nasi secara umum untuk ibu hamil. Biasanya nasi masih menjadi bahan makanan utama bagi ibu hamil padahal ternyata nasi dan beras mengandung vitat yang dapat menghalangi penyerapan besi selama masa kehamilan.

Jadi dapat disimpulkan bahwa porsi makan yang mengutamakan nasi bisa menyebabkan ibu hamil kekurangan zat besi yang dapat membahayakan janin dan dirinya sendiri. Para pakar pun menyarankan bahwa sebaiknya ibu hamil tidak menomorsatukan nasi dalam menu sehari-harinya. Sebaliknya ibu hamil harus memenuhi asupan penting seperti besi, protein, dan zat gizi mikro.

amankah nasi lemak untuk ibu hamil

Pernyataan tersebut bukan berarti ibu hamil harus menghindari nasi, namun jangan lupa untuk menyeimbangkannya dengan buah, sayur dan sumber hewani. Lalu bagaimana dengan nasi lemak? Amankah nasi lemak untuk ibu hamil? Nasi lemak diolah dengan santan encer beserta santan kental yang membuatnya menjadi tinggi kalori dan kadar lemak yang tentunya tidak begitu sehat untuk dimakan sehari-hari.

Mengintip di Negara tetangga, nasi lemak bahkan hanya diperbolehkan dijual di sekolah-sekolah hanya dua kali dalam seminggu. Hal ini mereka lakukan untuk mencegah masalah obesitas dan diabetes yang semakin meningkat di kalangan anak-anak. Diketahui bahwa terdapat sekitar 30% lemak, 60% karbohidrat dan 10% protein pada 1 porsi nasi yang diolah dengan santan. Oleh karena itu konsumsi nasi lemak seharusnya lebih sedikit daripada nasi putih.

Kesimpulannya, ibu hamil boleh saja memakan nasi putih atau pun nasi lemak dengan catatan mereka tidak menjadikannya menu harian dan menyeimbangkannya dengan jenis makanan sehat lainnya. Sesekali bumil juga harus mengganti sumber karbohidrat yang bisa ditemukan pada singkong, kentang, jagung, sereal dan lain-lain. Semoga bermanfaat!

Kolom Diskusi

Tag:

  • bumil bolekah konsumsi nasi lemak
  • ibu hamil boleh makan naai lemak?
  • ibu hamil boleh makan nasi apa ga
  • org mengandung boleh makan nasi lemak tak

Advertisement