Bagaimana Cara Mengurus Sertifikat Tanah Gratis yang Benar? Ikuti Syarat dan prosedurnya

Bagaimana Cara Mengurus Sertifikat Tanah Gratis yang Benar? Ikuti Syarat dan prosedurnyaMemiliki rumah sendiri tentu akan lebih menyenangkan karena pemilik bisa mendekorasi sesuai dengan keinginannya dan tidak perlu membayar biaya sewa bulanan atau tahunan yang dapat membuat kantong semakin jebol. Yang lebih menyenangkan lagi yaitu pemilik memiliki sertifikat tanah sebagai kekuatan hukum untuk aset lahan yang mereka miliki. lalu bagaimana sih cara mengurus sertifikat tanah gratis ?

Dulu orang malas membuat sertifikat kepemilikan tanah karena harus mengeluarkan biaya pengurusan yang cukup mahal dan sulit dengan segala prosedurnya. Tapi sekarang, Presiden Jokowi sudah memberlakukan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap atau disingkat PTSL agar masyarakat Indonesia bisa mendapatkan sertifikat kepemilikan tanahnya dengan sangat mudah.

Anda yang ingin mengurus sertifikat rumah melalui program tersebut, tidak akan dikenakan biaya apapun alias gratis karena memang program pemerintah. Cara mengurus sertifikat tanah gratis juga sebenarnya lebih mudah meskipun memakan waktu yang cukup lama. Berbeda kalau Anda mengajukannya sendiri melalui notaris, tentu akan dimintakan biaya pengurusan yang harganya tidak murah dan tidak terjamin berapa lama waktu mengurusnya.

Maka dari itulah, daripada Anda mengurusnya melalui notaris dan harus mengeluarkan sejumlah biaya, urus saja sertifikat Anda melalui program PTSL. Namun, ada beberapa syarat yang harus ikuti agar prosedur selanjutnya berjalan lancar.

  1. Dokumen kependudukan

Terdapat beberapa dokumen yang harus Anda lengkapi, yaitu Kartu Keluarga atau KK dan Kartu Tanda Penduduk atau KTP.

  1. Surat tanah

Tentu saja tanpa surat tanah, Anda tidak akan bisa melanjutkan ke prosedur pembuatan sertifikat kepemilikan tanah Anda. Surat-surat tersebut yaitu Leter C, akta hibah, akta jual beli, berita acara kesaksian (kalau diperlukan), dan sebagainya. Bawa saja surat tanah tersebut sesuai dengan jenis kepemilikan lahan Anda.

  1. Tanda batas tanah

Untuk tanda batas tanah ini, Anda sudah harus mendapatkan izin dari tetangga Anda sebagai pemilik tanah yang terbatasi.

  1. Bukti setoran pembayaran pajak

Anda yang membayar Pajak Penghasilan atau PPh secara rutin, tentu tidak akan kesulitan untuk memberikan bukti setorannya ke pihak pengurus PTSL. Tidak hanya PPh saja, tapi Anda juga harus memberikan bukti Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan atau BPHTB.

  1. Surat permohonan

Jangan lupa, Anda juga harus membuat surat permohonan agar pengajuan pengurusan sertifikat tanah Anda bisa diproses oleh pihak PTSL.

Setelah melengkapi syarat-syaratnya, ketahui juga cara mengurus sertifikat tanah gratis yang benar.

  1. Pendataan

Setelah semua syarat-syaratnya terpenuhi dan diterima pihak PTSL, selanjutnya petugas akan datang untuk melakukan pendataan untuk mengetahui riwayat pemilik hunian sebelumnya, apakah tanah maupun rumah tersebut berasal dari hibah, jual beli, atau warisan, serta apakah Anda membayar PPh maupun BPHTB secara rutin.

  1. Pengukuran

Setelah pendataan selesai, petugas selanjutnya juga akan melakukan pengukuran agar bisa mengetahui batas tanah milik Anda seberapa luas. Anda sebagai pemohon harus secara pasti menunjukkan batas letak, batas tanah, luas tanah, bentuk bidang tanah, maupun batas bidang tanah tersebut.

  1. Sidang

Pihak PTSL nantinya juga akan memeriksa data yuridis dan lapangan. Petugas dari BPN serta dari desa ataupun kelurahan juga akan mencatat kesimpulan dan menanyakan lagi beberapa pertanyaan sebagai keterangan tambahan.

  1. Pengumuman dan pengesahan

Setelah 14 hari dilakukan proses, persetujuan untuk mendapatkan sertifikat tanah akan diumumkan di kantor desa, kelurahan, ataupun di kantor pertanahan di daerah tersebut.

  1. Penerbitan sertifikat

Bagi nama Anda yang masuk ke dalam daftar pengumuman tersebut, nanti akan dibagikan langsung sertifikat tanahnya melalui petugas BPN atau ATR.

Sangat mudah, bukan syarat dan cara mengurus sertifikat tanah gratis dari pemerintah? Cukup menunggu 14 hari saja dan tidak dikenakan biaya apapun, Anda pasti mendapatkan sertifikat tanah agar aset lahan Anda aman secara hukum.

Kolom Diskusi

Advertisement