Bunda, Ini Lho Cara Mendidik Anak Yang Baik dan Benar

Anak merupakan sebuah anugrah sekaligus titipan yang paling berharga, oleh karenanya memberikan pendidikan yang baik adalah sebuah kewajiban bagi orang tua. Namun masih banyak orang tua yang belum mengetahui bagaimana cara mendidik anak sesuai dengan tuntunan agama. Cara mengasuh dan mendidik anak agar memiliki akhlaq yang baik harus dilakukan sejak lahir dan bahkan sejak dalam kandungan sang ibu.

Dewasa ini faktor lingkungan sangat besar pengaruhnya dalam pembentukan karakter dan kepribadian anak. Oleh karenanya anda harus berhati – hati dalam mengasuh dan mendidik anak anda terutama jika anda berada pada lingkungan yang kurang baik atau berapa pada lingkungan yang kurang terdapat kegiatan – kegiatan keagamaan atau kegiatan yang bersifat positif lainya. Perhatikanlah dengan siapa anak anda bergaul dan bagaimana pergaulanya. Kenali anak anda dengan baik sehingga dia akan lebih nyaman untuk bercerita dan berbagi hal – hal lain kepada anda, dengan demikian anda akan lebih mudah untuk masuk kedalam pola piker dan pergaulanya.

Di dalam agama islam sendiri memiliki tuntunan bagaimana cara mendidik anak yang baik agar memiliki akhlaq yang baik yaitu dengan dengan menanamkan budi pekerti dan akhlaq kedalam jiwa anak secara kokoh. Caranya tentu tidak dapat dilakukan secara instan dan cepat, namun memerlukan kesabaran dan ketekunan sehingga akhlaq tersebut akan tertanam dengan kokoh.

Hal yang paling utama dalam mendidik anak adalah dengan menggunakan kelembutan karena anak – anak memiliki salah satu tabiat untuk mencintai orangtua yang lemah lembut dan memberikan perhatian dengan sepenuh hati. Hindarilah untuk berbicara kasar dan membentak anak anda namun dengan penuh kasih sayang dan kesabaran. Pada anak usia dini sudah sewajarnya membutuhkan hiburan dan waktu untuk bermain, nah disinilah anda harus pintar dan jeli dalam memilih permainan yang tepat sebagai salah satu sarana atau cara menanamkan adab-adap dan pendidikan bagi anak anda.

cara mendidik anak laki laki

Hal penting lain dalam mendidik anak adalah penggunaan hukuman secara bijak. Meskipun orang tua harus mendidik anak dengan lemah lembut bukan berarti meniadakan hukuman namun bukan berate juga untuk menghukun anak ketika melakukan pelanggaran atau tidak taat. Hukuman dapat anda lakukan hanya saat kelembutan, nasehat dan larangan telah mulai diabaikan. Hukuman disini juga tidak harus dengan kekerasan, sangat disarankan untuk memberikan hukuman yang dapat memberikan manfaat. Selain dengan kelambutan dan hukuman, memberikan contoh yang baik juga merupakan salah satu cara dalam mendidik anak untuk dapat memiliki karakter yang baik dan kokoh.

Cara mendidik anak dengan memberikan pendidikan anak yang luas juga dapat anda lakukan agar anak memiliki wawasan dan ilmu pengetahuan dalam mempertimbangkan hal baik dan buruk yang akan sangat berguna dalam kehidupan anak anda. Anda dapat memilihkan metode pendidikan yang baik untuk anak dan akan lebih baik lagi jika disertai dengan lingkungan yang baik pula.

Selalu menyempatkan diri untuk berdoa pada spertiga malam juga akan sangat membatu dalam mendidik anak karena tentunya anda sudah berusaha dengan baik dan akan lebih baik lagi jika di iringin dengan doa. Semoga bermanfaat.

Kolom Diskusi

Advertisement