Bunda Ini Nih Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil

Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil – Kaki bengkak saat hamil adalah hal umum yang dialami oleh ibu hamil atau dalam bahasa medis disebut peripheral edema. Edema ini terjadi karena adanya peningkatan tekanan dalam pembuluh darah kapiler yang menyebabkan cairan masuk kedalam jaringan organ disekitarnya dan mengakibatkan kebengkakan. Bagian yang bengkak biasanya adalah bagian lutut kebawah. Selain itu bagian wajah dan tangan juga dapat mengalami pembengkakan karena terjadinya perubahan hormone yang signifikan pada ibu hamil.

Anda tidak perlu khawatir karena pembengkakan ini normal terjadi pada ibu hamil. Untuk mengatasinya saat anda duduk atau tidur ganjal lah kaki anda dengan bantal agar sirkulasi darah menjadi lebih baik, lalu jangan terlalu lama duduk atau berdiri. Selain penyebab kaki bengkak pada ibu hamil yang sudah disebutkan diatas, berikut adalah beberapa penyebab lain yang harus anda perhatikan.

Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil

  1. Garam

Mengkonsumsi makanan yang mengandung garam secara berlebihan selama hamil juga dapat memperparah pembengkakan. Pada masa kehamilan peningkatan hormon terjadi pada ibu hamil. Saat terjadi pelepasan-pelepasan hormon tersebut dapat membuat tubuh menahan lebih banyak cairan dan juga garam. Oleh karena itu kurangilah konsumsi garam selama masa kehamilan anda jika tidak ingin edema bertambah parah.

  1. Usia Kehamilan

Semakin bertambahnya usia kehamilan pada ibu hamil, biasanya edema akan semakin parah. Ini disebabkan oleh pertumbuhan janin yang semkain besar pula. Pertumbuhan janin ini dapat menghambat pembuluh darah balik sehingga cairan terkumpul di kaki.  Gaya gravitasi juga berperan kenapa cairan tersebut berkumpul di kaki. Biasanya kaki ibu hamil akan terasa lebih bengkak pada saat sore hari setelah melakukan aktifitas dan juga setelah bangun tidur. Maka dari itu sebaiknya jangan terlalu lama berdiri dan saat tidur dapat mengganjal kaki dengan bantal.

Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil

  1. Tekanan Darah Dan Kadar Protein

Pembengkakan pada anggota tubuh ibu hamil seperti kaki, tangan, dan betis biasa disebut preeklampsia. Hal ini terjadi karena tekanan darah dan protein berada diatas normal. Dengan tingginya tekanan darah dan protein menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan peningkatan berat badan secara drastis dalam waktu singkat yaitu antara satu hingga dua hari. Penderita preeklamsia parah akan sering merasa ingin buang air kecil tetapi tidak keluar urin nya, kejang perut juga dirasakan, dan juga kaburnya penglihatan. Jika ini dibiarkan dapat menyebabkan malfungsi pada ginjal ibu hamil yang menyebabkan asupan gizi yang dikonsumsi ibu hamil tidak tersampaikan ke janin. Sebaiknya jika hal ini anda alami segeralah periksakan ke dokter kandungan.

  1. Malas Bergerak

Ibu hamil biasanya cenderung malas untuk menggerakkan tubuhnya karena merasa lemas dan letih yang tidak biasanya. Darah yang berada dibagian kaki tentu saja butuh pergerakan aktif dari otot-otot agar dapat terpompa ke atas. Dalam wanita hamil, terjadi gaya gravitasi yang tinggi pada bagian bawah tubuhnya sehingga dapat membuat pembengkakan.

Nah itulah beberapa faktor yang berpengaruh dalam pembengkakan bagian-bagian tertentu pada ibu hamil. Jika anda telah mengetahuinya tentu anda dapat mengurangi hal tersebut dengan cara menghindari hal-hal tersebut diatas.

Kolom Diskusi

Advertisement