Cara Mendidik Anak Secara Islami Ala Rasulullah

Dijaman yang serba modern seperti ini, banyak sekali rintangan yang harus dihadapi oleh orang tua untuk mendidik seorang anak. Berbagai informasi bisa mudah didapatkan karena alat komunikasi yang semakin canggih sehingga para orang tua wajib mendidik anak mereka dengan baik. Oleh karena itu, ada baiknya untuk mengaplikasikan cara mendidik anak secara islami untuk mencegah anak kita kelak menjadi anak baik dan berguna dan jauh dari anak yang tidak memiliki arah jelas dan lemah. Selain itu, dalam islam juga banyak sekali cara bagaimana seorang tua mendidik anak agar mereka bisa berbakti kepada orang tua, agama, dan Negara.

Cara mendidik anak secara islami dalam kehidupan sehari-hari

Sebagai muslim, mendidik anak adalah sebuah kewajiban yang harus diperhatikan oleh setiap orang tua agar anak mereka kelak menjadi generasi penerus yang membanggakan. Sebagai agama yang sempurna sudah semestinya Islam menerangkan segala aktivitas kehidupan tak terkecuali cara mendidik anak. Hal itu bisa dilakukan dengan melihat dari teladan Rasulullah SAW yang mana merupakan tolok ukur dari cara mendidik anak secara islami. Dalam kaitannya pengajaran kepada anak, sudah semestinya jika kita mengenalkan dan mendidik anak tentang tauhid. Ajaran tauhid ini sangat penting agar anak-anak nantinya memiliki keimanan yang kuat dan tidak syirik apalagi kafir. Jika seorang anak sudah memiliki keimanan yang cukup kuat, saat besar nanti mereka akan menjadi anak yang kuat dan tabah.

cara mendidik anak secara islami

Kaitannya dengan tauhid, di dalam al Qur’an pun bisa dilihat di surat Al-Luqman bagaimana beliau mengajarkan anaknya agar tidak menyekutukan Allah. Orang yang tidak memiliki keimanan kuat akan mudah tergelincir untuk melakukan tindakan kejahatan oleh karena itu, cara mendidik anak secara islami yang pertama adalah mengenalkan tentang agama yang mudah di ingat oleh anak. Selain itu, Rasulullah SAW pun juga memberikan pelajaran kepada kita sebagai umatnya cara mendidik anak yang berkaitan dengan ketauhidan seperti menyuruh anak untuk sholat secara bertahap. Untuk anak umur 3 tahun, kalian bisa mengajarkan mereka bagaimana mengucapkan kalimat tauhid “La ilaha illallah” dan setalah beranjak 4 hingga 5 tahun, ajarkan mereka kalimat “Muhammad Rasulullah”.

Setelah mengajarkan tentang tauhid diusia seperti disebutkan diatas, anak yang sudah beranjak dari 6 atau 7 tahun harus diajarkan bagaimana sholat. Cara mendidik anak secara islami dengan sholat ini sangat penting karena anda secara tidak langsung mengajarkan bagaimana kita sebagai makhluk untuk beribadah kepada sang pencipta. Anak akan mendapatkan banyak nilai-nilai saat mereka melaksanakan shalat. Selain itu, pengajaran akhlak juga penting untuk mendapatkan perangai yang baik. Mendidik anak secara islami berarti mengajarkan anak bagaimana kita hidup dengan akhlak yang mulia seperti Rasulullah SAW.

cara mendidik anak islami

Akhlak memang menjadi hal yang penting yang diajarkan dalam agama islam karena seorang muslim harus memiliki perangai yang bagus dan tidak membuat orang disekitarnya merasa terancam. Cara mendidik anak secara islami yang berkaitan dengan akhlak adalah bagaimana kita bertutur kata. Ajari anak bagaimana berbicara kepada orang tua dengan baik sangat penting agar kelak mereka bisa menghormati kepada orang tua. Berbicara yang santun merupakan cara mendidik seorang anak Islami karena muslim merupakan seorang yang santun.

Selain berbicara yang santun cara mendidik anak secara islami juga bisa dililihat bagaimana seorang anak makan dengan tangan kanan, makan sembari duduk, hingga tidak bersendawa. Dengan kata lain, mendidik anak dengan cara-cara yang telah diajarkan oleh islam bisa memberikan dampak yang sangat bagus untuk anak anda dikehidupan yang akan depan karena islam tidak mengajarkan tentang bagaimana beribadah juga akan tetapi hubungan kepada manusia juga (bermasyarakat).

Kolom Diskusi

Advertisement