Cara Mengatasi Bayi Sungsang Simpel Dan Mudah

Bayi sungsang adalah kondisi dimana bayi berada pada posisi yang tidak pada semestinya. Jika posisi normal bayi lahir dengan posisi kepala berada dibawah, maka bayi sungsang adalah kebalikannya. Dengan kata lain, bayi sungsang terjadi pada seseorang yang hendak melahirkan dan posisi kepala bayi masih berada diatas dan bokong dibawah. Hal ini akan menyebabkan kesulitan kelahiran seorang ibu sehingga perlu diatasi agar bayi sungsang ini bisa dilahirkan dengan normal. Mengetahui cara mengatasi bayi sungsang akan membantu seorang ibu yang hendak melahirkan dengan baik sehingga keselamatan antara ibu dan bayinya bisa berjalan dengan baik.

Sebab-sebab bayi sungsang

Sebelum mengetahui cara mengatasi bayi sungsang ada baiknya kita mengetahui penyebab bayi sungsang agar kita bisa menjauhi posisi bayi tersebut sebelum lahir. Ada beberapa hal kenapa posisi bayi bisa menjadi sungsang, diantaranya adalah jumlah air ketuban yang berlebih. Air ketuban yang lebih bisa memudahkan bayi untuk bergerak dan merubah posisi mereka meskipun sudah memasuki perkiraan lahir. Selain jumlah air ketuban, bayi kembar dan perut yang kendur juga bisa memberikan prosentase besar bayi lahir sungsang. Oleh karena itu, ada baiknya jika kita harus rutin untuk mengecek posisi bayi dengan baik agar saat melahirkan nanti bisa berjalan dengan baik.

Jenis-jenis Bayi sungsang

Bayi sungsang seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya adalah posisi bayi yang tidak normal didalam rahim. Akan tetapi, posisi ini juga memiliki berbagai macam posisi bayi sungsang setidaknya ada 3 seperti Frank breech, complete breech, dan incomplete breech. Dengan begitu, cara mengatasi bayi sungsang bisa bervariasi. Pada umumnya bayi sungsang terjadi karena bayi diusia 34 minggu bayi masih bebas dalam posisinya. Ketika posisi bayi pada usia ini masih tidak normal, kalian jangan khawatir karena diusia seperti ini posisi bayi bisa dibenarkan dengan baik. Artinya, ada beberapa tips mengatasi bayi yang sungsang yang masih di usia 34 minggu. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk kalian agar bisa merubah posisi bayi sungsang dengan baik.

Tips mudah mengatasi bayi sungsang

cara memutar bayi sungsang

Ada beberapa tips mudah mengatasi bayi sungsang yang bisa kalian lakukan dirumah sehingga bisa mengatasi atau mencegah posisi bayi anda yang sungsang. Cara mengatasi bayi sungsang yang pertama adalah dengan melakukan posisi merangkak dimana posisi tubuh merangkak dan tangan lurus sejajar bahu. Kepala tetap tegak dan luruskan punggung. Bernafaslah berlahan agar rileks dan perlahan lengkungkan punggung sembari melihat dada anda dan kemudian kembali lurus. Selain itu, kalian juga bisa melakukan posisi knee chest. Posisinya cukup mudah karena anda hanya perlu seperti orang bersujud dimana kaki sejajar dengan pinggul, dada sejajar dengan lutut, dan dada menempel pada lantai. Kalian bisa melakukan hal ini sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sehari selama 15 menit.

Cara mengatasi bayi sungsang lain yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan gerakan mengepel lantai dengan cara berjongkok karena bisa memutar posisi bayi secara alami. Jika kalian suka renang, tips lain mengatasi bayi sungsang adalah dengan berenang. Renang tersebut olahraga yang sangat bagus untuk ibu hamil karena bisa membuat tubuh dan panggul longgar dan rileks sehingga bisa memungkinkan bayi memutar tubuhnya secara alami.

Dengan demikian, cara mengatasi bayi sungsang tidaklah sulit jika para ibu-ibu mengetahui gerakan-gerakan simpel tersebut. Meskipun terlihat simple, akan tetapi manfaat untuk posisi bayi sangat besar sehingga bisa menjauhkan para ibu memiliki bayi sungsang sebelum melahirkan. Untuk berjaga-jaga para ibu juga bisa melakukan gerakan-gerakan tersebut diatas agar bisa mencegah dari terlahirnya sungsang.

Kolom Diskusi

Tag:

  • doa mengembalikan bayi sungsang
  • cara mengatasi bayi sungsang
  • cara tradisional bayi sungsang
  • cara merubah posisi bayi sungsang menjadi normal
  • cara mengembalikan posisi bayi sungsang
  • cara memutar bayi sungsang
  • gambar supaya bayi tidak sungsang
  • gambar bayi sungsang
  • cara menghindari bayi sung
  • doa untuk mengatasi bayi sungsang

Advertisement