Cara Mengurus STNK Hilang dengan Mudah

Cara Mengurus STNK Hilang dengan MudahKehilangan dokumen seperti STNK, KTP atau SIM adalah suatu hal yang dapat memusingkan kepala. Karena tentu untuk mengurusnya sangat sulit. Namun, jika kehilangan sudah terjadi, apa mau dikata. Tentunya kita harus langsung cepat-cepat mengurusnya agar mendapatkan dokumen yang baru. Nah, kali ini saya akan mengulas tentang cara mengurus STNK hilang dimana tentu cara ini akan sangat berguna untuk kamu yang tengah mengalami kejadian yang serupa. STNK sendiri merupakan tanda bukti dari pendaftaran dan juga pengesahan kendaraan bermotor yang didasarkan pada identitas kepemilikan. Di dalam STNK sendiri berisi beberapa hal penting seperti nomor polisi, nama serta alamat si pemilik. Identitas kendaraan bermotor misalnya merk, jenis, tipe, model, tahun pembuatan pun juga ada di dalam dokumen satu ini. Jadi tentu SYNK adalah bukti kepemilikan yang sah sehingga jika hilang hal ini akan sangat menyulitkan nanti. Jika STNK kamu hilang, kamu tidak memiliki bukti yang sah lagi atas kepemilikan motor atau mobil yang kamu kendarai. Apalagi jika kamu kedapatan mengemudikan motor tanpa membawa STNK, siap-siap saja untuk ditilang. Tapi kini kamu tidak perlu pusing lagi apabila STNK kamu hilang karena kamu bisa langsung urus saja nanti.

Cara mengurus STNK hilang yang pertama adalah kamu harus mengurus STNK motor kamu sendiri. Jadi jika ingin mengurus STNK yang hilang kamu tidak boleh menyuruh orang lain apalagi menggunakan jasa calo. Biaya yang dikeluarkan untuk membuat STNK baru juga sangat terjangkau. Beda jika kamu menggunakan jasa calo yang tentunya harus kamu bayar hingga berkali-kali lipat. Tidak hanya itu, jika kamu ingin mengurus STNK kamu yang hselalu membawa pena hitam karena nanti pihak kepolisian akan meminta kamu untuk mengisi formulir. Kmau juga harus langsung membuat laporan kehilangan di kantor polisi yang dekat dengan rumah kamu. Jika kamu sudah tau STNK kamu hilang, sebisa mungkin untuk secepatnya datang ke kantor polisi terdekat. Nantinya, kamu akan dibuatkan surat kehilangan yang harus dibawa untuk membuat STNK baru .

Cara mengurus STNK hilang selanjutnya adalah kamu harus menyiapkan berkas kelengkapan yang menjadi bagian dari persyaratan administratif. Nantinya, jika kamu ingin mengurus penggantian STNK, kamu harus persiapkan KTP kamu baik yang asli dan fotokopi, kamu juga harus membawa fotokopi STNK yang telah hilang, membawa surat keterangan kehilangan dari kepolisian. Jika kamu sudah melengkapi semua berkas persyaratan yang diperlukan, kamu bisa langsung membawa ke SAMSAT atau Sistem Manunggal Satu Atap dimana tempat ini adalah tempat untuk penerbitan ataupun pengesahan STNK yang dilakukan tiga Instansi mulai dari Polri , Dinas Pendapatan Provinsi dan juga PT Jasa Raharja.

Kamu juga harus mengecek fisik kendaraan kamu. Jadi, jika nanti kamu pergi ke kantor SAMSAT , hal ini harus kamu lakukan pertama kali. Barulah kemudian kamu isi lagi formulir pendaftara, mengurus cek blokir atau surat keterangan dari SAMSAT, mengurus pembuatan STNK yang baru, kemudian membayar PKB atau Pajak Kendaraan Bermotor, melakukan pembayaran pembuatan STNK yang baru dan mengambil STNK dan juga SKPD. Jadi, jika semua langkah ini sudah rampung kamu lakukan, kamu tinggal kasih bukti pembayaran yang didapat dari kasir ke bagian tempat mengambil STNK baru. Nah, itulah tadi cara mengurus STNK hilang. Semoga ulasan ini bermanfaat.

Kolom Diskusi

Advertisement