Cara Mudah Menghitung Usia Kehamilan

Kehamilan memang menjadi hal yang menggembirakan bagi setiap pasangan suami istri, terutama bagi yang telah mengetahui tanda hamil minggu pertama. Nah, dalam menjalani proses kehamilan tentu saja banyak yang penasaran bagaimana cara menghitung usia kehamilan yang sedang berjalan. Mengetahui usia kehamilan ini merupakan salah satu cara yang perlu untuk dikuasai, mengingat hal ini merupakan salah satu yang penting dimana nantinya anda bisa bersiap menentukan waktu kapan bayi akan lahir, dan juga banyak hal lainnya yang bermanfaat yang bisa anda ketahui dengan mengetahui usia kehamilan anda.

Menghitung usia kehamilan ini, merupakan salah satu cara menarik dimana anda bisa melakukannya dengan cara yang manual. Menghitung suai kehamilan ini memang terbilang cukup mudah untuk dilakukan, terlebih untuk anda yang masuk dalam tahapan fase kehamilan dini. Maka dari itu ada baiknya bagi anda baik itu laki – laki dan perempuan mengetahui apa saja cara yang bisa digunakan untuk menghitung usia kehamilan seperti yang akan dijelaskan dibawah ini.

Cara Mudah Menghitung Usia Kehamilan

  1. Hitungan kalender

Yang pertama adalah dengan mengetahui hitungan kalender. Teknik yang satu ini merupakan salah satu teknik yang mudah untuk dilakukan. Namun jika anda ingin mengetahui posisi hitungan kalender ini adalah dengan mengetahui terlebih dahulu siklus haid yang anda alami. Hal ini dikarenakan nantinya anda akan menggunakan teknik HPHT dimana misalnya untuk Hari Pertama Haid Terakhir anda ditambah 7 hari, kemudian bulan haid anda, kemudian dikurangi 3, maka bisa menentukan seberapa usia kehamilan anda berlangsung. Hal ini sangat dianjurkan untuk dipergunakan bagi anda yang memiliki siklus haid teratur.

cara menghitung usia kehamilan dalam minggu

  1. Sistem Fundus Urteri

Cara yang selanjutnya anda pun bisa melakukannya dengan melakukan sisem fundus urteri atau puncak rahim. Cara ini adalah dengan meraba bagian rahim. Cara ini bisa dilakukan dengan meraba bagian perut hingga kemaluan. Jika jaraknya sekitar 28 cm, maka diperkirakan usia kehamilan 28 minggu, pun jika jaraknya 36 cm maka usia kehamilan sudah memasuki fase 36 minggu. Cara mengukurnya adalah dengan menggunakan dua jari anda yang menandakan setiap dua jari adalah masa kehamilan usia 2 minggu.

  1. Deteksi Gerakan Janin

Yang selanjutnya juga bisa anda ketahui dengan melakukan deteksi gerakan janin. Hal ini bisa anda lakukan dengan cara merasakan gerakan janin yang ada dalam rahim anda. biasanya jika janin sudah terasa mulai bergerak – gerak, anda akan memasuki usia kehamilan sekitar 18 minggu, hingga 20 minggu. Cara yang satu ini merupakan salah satu cara yang akurat.

  1. Kalkulator masa subur

Yang selanjutnya adalah tahapan kalkulator masa subur. Cara ini memang dibuat khusus untuk menghitung masa usia kehamilan anda dengan metode yang cukup modern. Kalkulator masa subur ini biasanya ada dalam bentuk aplikasi yang mana akan memudahkan anda dalam hal menghitung usia kehamilan anda. namun dengan cara ini hanyalah sebatas gambaran secara umum saja.

Demikian beberapa cara mudah bagi anda yang ingin menghitung usia kehamilan. Semoga bermanfaat sebagai rekomendasi menarik anda.

Kolom Diskusi

Advertisement