Cemilan Sehat untuk Anak Sekolah

Anak-anak cenderung sangat suka dengan berbagai jenis cemilan. Cemilan yang secara langsung masuk ke tubuh anak merupakan faktor utama yang akan menentukan apakah tubuh anak akan terjaga kesehatannya atau malah sebaliknya karena tidak semua cemilan itu sehat. Anda sebagai orang tua tentu sudah tidak asing dengan desas-desus cemilan tidak sehat di lingkungan luar rumah seperti sekolah.

Salah satu cara mengantisipasinya adalah dengan memberikan mereka bekal cemilan sehat untuk anak sekolah dan membiasakan mereka untuk memakan cemilan tersebut sehingga mereka tidak suka cemilan lain yang tidak sehat. Lalu, apa saja yang orang tua bisa masak? Simak informasinya yuk.

  1. Pancake Kentang

Anak-anak cenderung menyukai cemilan yang manis. Nah, Anda bisa membuatkannya pancake kentang dari campuran telur, susu, terpung kentang, gula, krim, mentega, vanilla, baking powder dan garam. Pancake kentang ini tentu memiliki pemanis alami yang tak kalah rasanya dibandingkan dengan cemilan tidak sehat yang dijual bebas di sekitar anak.

  1. Kreasi Buah-Buahan

Buah-buahan merupakan sumber nutrisi yang sangat dibutuhkan anak-anak. Anda bisa melakukan berbagai variasi dalam membuat cemilan berbahan dasar buah ini karena memakan buah saja mungkin akan membuat anak bosan. Misalnya, Anda bisa memadukan kulit lumpia dengan buah naga merah putih atau membuat minuman sehat dari pisang.Cemilan Sehat untuk Anak Sekolah

  1. Oatmeal

Oatmeal merupakan varian cemilan lainnya yang dijamin dapat membuat anak tertarik. Anda bisa mencampurkan oatmeal dengan potongan buah mangga dan kelapa agar lebih sehat. Oatmeal pun dikenal dengan kepraktisan dalam pembuatannya dan cocok sekali untuk dimakan dalam suasana breakfast.

  1. Sayur dan Roti

Cemilan sehat untuk anak sekolah selanjutnya adalah roti. Tak cukup sampai di sana saja, Anda juga bisa menambahkan sayuran seperti brokoli, dan wortel yang dicincang dadu ditambah dengan mayonnaise dan keju. Dijamin, anak-anak pasti suka.

  1. Telur Gulung Sate

Banyak sekali kandungan sehat yang bisa anak Anda peroleh dari sebutir telur. Memberikannya telur langsung yang hanya digoreng tentu dapat membuatnya bosan. Kreasikanlah telur misalnya dengan menggoreng dalam bentuk karakter, atau dalam bentuk telur gulung. Telur gulung sate ini biasanya banyak tersedia di lingkungan sekolah. Namun, Anda perlu membuatnya sendiri agar kebersihannya tetap terjamin.

Demikianlah lima contoh cemilan sehat untuk anak sekolah yang dapat Anda buat dengan mudah. Sebenarnya masih banyak lagi cemilan sehat lainnya yang bisa Anda kreasikan. Intinya, cemilan sehat itu adalah cemilan dari bahan makanan yang sehat dan dimasak dengan cara yang sehat pula. Pastikan Anda tidak hanya memberikan satu macam cemilan kepada anak. Sebaliknya, berikanlah anak-anak Anda makanan yang seimbang, cukup vitamin dan dilengkapi dengan serat.

Kolom Diskusi

Tag:

  • cemilan sehat untuk anak
  • cemilan sehat

Advertisement