Ciri Ciri Hamil Anak Kembar Yang Ibu Hamil Harus Ketahui

Memiliki anak kembar? Wah, tentu merupakan nikmat dari pencipta yang luar biasa. Meskipun ibu akan sedikit lebih kerepotan karena harus mengurus dua buah hati sekaligus, memiliki anak yang kembar tentu merupakan suatu berkah dari karunia. Anda – sebagai ibu hami, tentu tidak perlu waswas dan khawatir ketika mengandung dan menebak apakah anak yang anda kandung tersebut kembar atau tidak. Pada kesempatan ini, kita akan membahas beberapa ciri-ciri hamil anak kembar. Tentu, ini dapat menjadi salah satu patokan sehingga ibu dapat bersikap dini untuk mengatasi kehamilan bayi kembar.

Intuisi yang kuat

Biasanya, ibu hamil akan merasakan sejak awal jika dia sedang mengandung bayi yang kembar. Prasangka ini di namakan intuisi batin. Intuisi ini juga dapat menjadi sugesti yang kemudian menguatkan kondisi ibu hamil tersebut. Jadi, terkadang bayi kembar dapat di prediksi hanya dengan menggunakan batin dan perasaan ibu hamil tersebut. Bagaimana dengan kebenarannya? Tentu kebenarannya tidak bisa 100% di buktikan. Hal ini hanya untuk prediksi awal saja. Untuk pembenarannya, USG merupakan jawaban yang paling logis.

Kondisi yang tidak stabil

Kita jamak mengetahui bahwa ibu yang hamil biasanya akan mengalami pusing, nyeri bahkan muntah. Tidak hanya satu atau dua hari saja tetapi seringkali keadaan tersebut terjadi. Memang, kondisi tersebut mengganggu kondisi badan ibu hamil secara umum, akan tetapi pada dasarnya hampir semua ibu hamil mengalaminya. Kondisi tersebut terjadi karena menyesuaikan dengan perubahan yang terjadi ketika hamil. Nah, untuk ibu yang mengandung bayi kembar, dia akan mengalami kondisi yang lebih buruk lagi. Dia akan pusing, mual, nyeri dan muntah bahkan bisa sampai saharian!

ciri ciri hamil anak kembar

Berat badan naik pesat

Sebagaimana lazim terjadi, ibu yang hamil pasti akan mengalami kenaikan berat badan yang cukup signifikan. Hal ini wajar tentu saja karena di dalam perutnya terdapat bayi yang terus bertumbuh. Akan tetapi, pada kehamilan bayi kembar, kenaikan berat badan tergolong sangat pesat dan berbeda – tentu saja, dengan kehamilan biasa. Para pakar mengatakan bahwa seorang ibu yang hamil bayi kembar akan mengalami kenaikan berat badan yang tergolong sangat pesat di tiga bulan pertama kehamilan. Naiknya berat badan ini juga akan mempengaruhi naiknya nafsu makan ibu hamil tersebut.

Ukuran kandungan yang besar

Naiknya berat badan yang sudah di jelaskan sebelumnya di barengi dengan membesarnya ukuran kandungan. Tentu hal ini normal adanya. Sebagaimana kita ketahui, pembesaran ukuran kandungan ini akan berlangsung secara bertahap. Akan tetapi, untuk ciri-ciri hamil anak kembar, ukuran besar kandungan lebih dari kehamilan normal. Para pakar mengatakan bahwa ukuran kandungan ibu yang hamil bayi kembar pada usia 8 minggu sama dengan ukuran kandungan ibu hamil bayi normal pada usia 10 hingga 12 minggu. Mungkin anda bisa membayangkan besarnya ukuran kandungan ibu yang mengandung bayi kembar tersebut!

Nah, dari beberapa poin di atas, kita dapat melihat beberapa ciri terkait kehamilan bayi kembar. Tentu, kehamilan merupakan salah satu nikmat yang senantiasa harus di syukuri. Memiliki kehamilan bayi kembar tentu merupakan suatu anugerah. Sudah seyogyanya anugerah tersebut di rawat dengan sebaik-baiknya, misalnya seperti mengkonsumsi makanan yang bergizi, istirahat secara teratur dan lain sebagainya. Anda juga harus mempersiapkan nama untuk bayi kembar yang bagus baik itu untuk bayi kembar perempuan atapun untuk bayi kembar laki-laki. Selain itu jangan lupa selalu berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk mengetahui segala bentuk perkembangan janin yang ada di dalam perut anda. Semoga membantu!

Kolom Diskusi

Advertisement