Dua Pabrik Pulp dan Kertas Unit Bisnis Raja Garuda Mas Menggunakan Teknologi Tinggi

Dua Pabrik Pulp dan Kertas Unit Bisnis Raja Garuda Mas Menggunakan Teknologi TinggiLahir dengan nama Raja Garuda Mas, Royal Golden Eagle (RGE) memiliki anak-anak perusahaan yang bergerak di berbagai bidang industri. Salah satunya adalah pulp dan kertas dengan Asia Symbol sebagai bagiannya. Unit bisnis RGE ini dikenal mampu menggunakan teknologi tinggi dalam proses produksi.

Asia Symbol merupakan salah satu pemain utama dalam industri pulp dan kertas di dunia. Mereka berdiri sejak 2005 di Tiongkok. Sekarang, anak perusahaan RGE ini menghasilkan beberapa produk berbeda. Dengan bahan baku dari perkebunan sendiri yang terbarukan, Asia Symbol sanggup memproduksi 2 juta ton pulp, satu juta ton fine paper, dan 530 ribu ton paper board.

Saat ini, Asia Symbol telah menjadi bagian dari Royal Golden Eagle. Perusahaan induknya ini merupakan korporasi kelas internasional yang bergerak di bisnis sumber daya.

Berdiri pada 1973 dengan nama awal Raja Garuda Mas, RGE memiliki aset sekitar 18 miliar dolar Amerika Serikat (AS). Mereka juga membuka kesempatan kerja untuk sekitar 60 ribu orang karyawan.

Sebagai korporasi kelas internasional, Royal Golden Eagle tidak hanya ada di Indonesia. Mereka memiliki anak-anak perusahan di berbagai tempat termasuk Tiongkok, Brasil, dan Kanada.

Di Tiongkok, sayap RGE terbentang melalui Asia Symbol. Dengan basis produksi di dua pabrik di Shandong dan Guangdong, anak perusahaan grup yang dulu bernama Raja Garuda Mas ini mampu mengembangkan dirinya sebagai produsen pulp dan kertas terkemuka di muka bumi.

Hal itu bisa diraih berkat pemanfaatan teknologi tinggi di dua pabrik. Baik di Shandong dan Guangdong, Asia Symbol mempunyai fasilitas modern yang menopang produksi.

Seperti apa itu? Berikut ini penjelasannya.

Asia Symbol Shandong

Asia Symbol Shandong

Asia Symbol Shandong saat ini tercatat sebagai produsen pulp terbesar di Tiongkok. Mereka juga menjadi sebagai perusahaan asal luar negeri terbesar di Provinsi Shandong.

Predikat yang didapatkan itu tidak mengherankan. Pasalnya, Asia Symbol Shandong memang memiliki sejumlah kelebihan spesial. Mereka selalu mampu mengadopsi perkembangan terbaru, teknologi termodern, hingga sistem termutakhir dalam industri pulp dan kertas dunia di pabriknya. Berkat itu, Asia Symbol Shandong ditunjuk sebagai perancang standar nasional untuk BHK pulp and ivory board di Tiongkok.

Hal tersebut tidak mengherankan. Anak perusahaan RGE ini memang memiliki produk utama berupa BHKP, NBKP, DP, liquid packaging board, dan ivory board.

Kecanggihan teknologi di fasilitas produksi Asia Symbol Shandong terlihat dari banyak hal. Salah satunya pengolahan limbahnya. Unit bisnis grup yang lahir dengan nama Raja Garuda Mas tersebut membangun fasilitas yang dinamai City Sewage Reuse Project.

Diadopsi dari teknologi modern asal Singapura, City Sewage Reuse Project mampu mengolah air limbah menjadi aman untuk lingkungan. Per hari, mereka sanggup memurnikan air hingga 40 ribu meter kubik yang berasal dari Rizhao Sewage Treatment Plant.

Akibatnya, Asia Symbol Shandong berkontribusi besar dalam penghematan air. Sebab, fasilitas tersebut mampu menghemat pemakaian air hingga 10 juta kubik per tahun.

Berkat itu Asia Symbol Shandong mampu memenuhi kebutuhan air sekitar 200 ribu keluarga. Jika ditotal, ada 600 ribu orang lebih yang menikmatinya.

Langkah ini berhasil mengurangi tingkat polusi dan menjaga keseimbangan ekosistem. Tidak heran, Asia Symbol Shandong meraih penghargaan The Golden Bee Award yang dikeluarkan China WTO Tribune atas program Corporate Social Responsibility terbaik. Selain itu, program tersebut terpilih untuk dipamerkan dalam ajang National Base for Environmental Education and Demonstration di Tiongkok.

Standar operasional tinggi di fasilitas produksi Asia Symbol Shandong terlihat dari sejumlah sertifikasi yang diraih. Mereka tercatat meraih ISO9001 untuk kualitas, ISO14001 untuk lingkungan, , OHSAS18001 untuk keselamatan dan kesehatan kerja. Itu masih ditambah dnegan PEFC-CoC untuk produksi produk kehutanan, FSSC22000 untuk food packing paperboard, dan QS for kualitas dan keamanan makanan.

Asia Symbol Guangdong

Asia Symbol Guangdong

Pabrik Asia Symbol Guangdong telah berdiri sejak 2002. Di sana mereka memproduksi kertas berkualitas tinggi. Hal tersebut menjadikan mereka sebagai produsen kertas terbesar di kawasan Pearl River Delta.

Saat ini, Asia Symbol Guangdong memiliki salah satu fasilitas produksi tercanggih di dunia. Mereka mengoperasikan salah satu mesin pembuat kertas tercepat dunia. Berasal dari teknologi asal Eropa, mesin tersebut mampu memproduksi kertas dengan kecepatan 1800 meter per menit.

Bukan hanya itu, pabrik milik anak perusahaan grup yang lahir dengan nama Raja Garuda Mas tersebut juga dilengkapi berbagai fasilitas memadai. Asia Symbol Guangdong tercatat memiliki dermaga, pembangkit energi, sarana pengolahan air bahan baku, hingga pusat pengolahan air limbah. Semua itu membantu dalam proses produksi tinggi yang digapai.

Guna memastikan proses pengiriman tepat waktu, Asia Symbol Guangdong juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas transportasi yang memadai. Mereka menambahkannya dengan mengoperasikan crane untuk memudahkan pemindahan barang.

Selain menjamin proses produksi yang efisien, Asia Symbol Guangdong  berupaya keras untuk ikut menjaga kelestarian lingkungan. Mereka tidak ragu menginvestasikan dana senilai 40 juta Renminbi untuk mendapatkan berbagai sarana perlindungan alam dari Eropa.

Berkat itu semua, standar tinggi operasional di Asia Symbol Guangdong diakui oleh berbagai pihak. Hal tersebut ditandai dengan raih sejumlah sertifikasi seperti  ISO14001, ISO9001, OHSAS18001, serta PEFC COC. Itu menandakan mutu operasional di unit bisnis RGE tersebut sesuai standar baik di level nasional maupun internasional.

Dengan fasilitas produksi yang berkualitas tersebut, Asia Symbol Guangdong mampu menghasilkan berbagai jenis kertas yang dibutuhkan konsumen saat ini.

Seperti itulah gambaran teknologi tinggi yang dijalankan oleh Asia Symbol di dua basis produksinya di Shandong dan Guangdong. Dua perusahaannya itu akhirnya mampu menghasilkan produk-produk pulp dan kertas berkualitas tinggi.

Namun, selain itu, Asia Symbol juga sanggup memberi manfaat kepada berbagai pihak berkat keberadaannya. Mereka tercatat aktif dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat di sekitarnya. Caranya anak perusahaan RGE sering membangun perpustakaan, sekolah, serta memberi beasiswa untuk pelajar.

Aksi sosial tersebut masih ditambah dengan dukungan terhadap perkembangan penghidupan masyarakat. Tercatat, Asia Symbol sering mengadakan pelatihan kewirausahaan dan mendukung perkembangan bisnis lokal.

Mereka melakukannya untuk menjalankan prinsip 5C yang ada di Royal Golden Eagle. Perlu diketahui, RGE didirikan oleh pengusaha Sukanto Tanoto. Ia berharap perusahaannya itu sejak lahir dengan nama Raja Garuda Mas hingga kini mampu memberi dampak positif kepada pihak lain.

Oleh sebab itu, ia memberi arahan kerja yang menjadi filosofi bisnis perusahaan. Hal tersebut dikenal sebagai prinsip kerja 5C. Adapun di dalamnya terdapat kewajiban bagi semua pihak di bawah naungan Royal Golden Eagle untuk memberi manfaat. RGE diharuskan untuk baik bagi Community, Country, Climate, Customer, dan Company. Sebuah hal yang telah dijalankan dengan baik oleh Asia Symbol.

Kolom Diskusi

Advertisement