Ibu Hamil Muda, Lakukanlah Kegiatan Paling Bermanfaat Ini!

Kebanyakan ibu hamil muda mengalami beberapa gangguan saat hamil dan hal tersebut menganggu kegiatan sehari-harinya sehingga banyak wanita hamil merasa stress dan mengeluh lalu malah memilih tidak ingin melakukan kegiatan apapun. Sebenarnya saat hamil muda kita masih diperbolehkan untuk melakukan kegiatan seperti biasanya, namun memang perlu adanya pengawasan untuk tetap menjaga kesehatan sang ibu dan janin. Disamping beraktifitas seperti biasanya wanita hamil juga harus meluangkan waktu untuk berelaksasi yang mana kegiatan relaksasi itu harus rutin dilakukan untuk bisa membantu kesehatan janin serta tubuh ibu agar tetap kuat dan memberikan energi lebih supaya selalu bugar.

Melakukan Olahraga Santai

Ibu hamil muda perlu melakukan kegiatan olahraga santai seperti jalan santai, kegiatan ini dilakukan untuk menghilangkan stress yang dikarenakan oleh adanya banyak perubahan yang sulit dikontrol seperti perubahan hormonal. Berjalan santai ini akan lebih efektif dilakukan ditempat yang sejuk tenang dan nyaman, selain itu juga dilakukan dengan kecepatan jalan yang stabil, tidak perlu melangkah cepat agar tidak menimbulkan kelelahan. Jika anda tinggal di daerah perkotaan yang padat dan ramai sehingga tidak sempat berkunjung ke tempat-tempat sejuk nyaman maka anda bisa mencoba melakukan olahraga statis di rumah dengan menggunakan sepeda statis. Dengan membuat gerakan kaki yang pelan dan tidak terlalu cepat maka akan memberikan manfaat sama baiknya dengan melakukan jalan santai.

Berenang dan Yoga

Olahraga Untuk Wanita Hamil

Olahraga lainnya untuk ibu hamil muda juga bisa dilakukan dengan berenang. Ini merupakan olahraga terbaik pada ibu hamil yang berfungsi untuk mengurangi tekanan-tekanan yang ada di punggung dan juga kaki para ibu hamil yang sering kali mudah lelah. Selain itu berenang juga akan memberikan manfaat yang baik untuk seluruh tubuh ibu hamil tanpa membuat rasa lelah. Olahraga rileks lainnya bisa dilakukan dengan yoga, namun tidak semua yoga dianggap aman oleh ibu hamil. Maka dari itu, anda perlu melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapatkan arahan yoga yang diperbolehkan saat hamil.

Aroma-terapi dan Membaca

Kegiatan aman lainnya yang bermanfaat untuk ibu hamil muda ialah melakukan relaksasi dengan aroma-terapi, hal tersebut akan membantu ibu yang sedang hamil merasa stabil dan meringankan berbagai beban, stress, pegal, mual dan hal-hal yang membuat beban pikiran menjadi berat. Aroma-terapi ini juga efektif untuk membantu memperlancar saat proses persalinan berlangsung.

Yang harus diperhatikan hanyalah pemilihan aroma-terapi agar bisa bermanfaat secara maksimal untuk kehamilannya. Selain itu anda bisa menyelingi waktu dengan membaca, menambah wawasan mengenai kehamilan, mengetahui perkembangan dari usia janin. Dengan membaca akan mengalihkan perhatian sehingga mengurangi stress akibat keluhan-keluhan saat hamil.

Kolom Diskusi

Advertisement