Ini Lho Senam Ibu Hamil Agar Persalinan Lancar

Seseorang yang sedang hamil tentu harus rajin-rajin berolahraga agar stamina tetap terjaga dan mudah dalam proses bersalinnya. Tidak dapat dipungkiri bahwa seseorang yang hamil memiliki daya tahan tubuh yang lemah dan mudah sekali merasa lelah. Bahkan tidak suka berlama-lama melakukan aktivitas dan ingin bersantai dengan tidur-tiduran saja. Hal inilah yang akan membuat persalinan menjadi lebih sulit karena kurangnya aktivitas yang dilakukan oleh ibu hamil dan tubuh menjadi tidak lentur. Oleh karena itu, kini sudah hadir senam ibu hamil yang akan membantu anda mendapatkan tubuh yang sehat dan lentur yang akan mempermudah persalinan anda.

senam ibu hamil

Gerakan sederhana untuk ibu hamil

Senam ibu hamil dapat dilakukan sendiri di rumah dengan catatan dilakukan setiap hari agar tubuh tetap sehat dan bugar. Senam khusus untuk ibu hamil meliputi senam untuk meningkatkan fleksibilitas, kekuatan, dan juga menjaga sistem kardiovaskular dalam tubuh. Selain itu ada beberapa gerakan senam ibu hamil yang memiliki fungsi untuk melindungi sendi dan juga panggul bawah dari tekanan yang menjadikan resiko tersendiri khususnya untuk ibu hamil. Bagi ibu hamil yang rajin melakukan senam ini akan memperoleh beberapa manfaat seperti meredakan nyeri dan pegal yang dirasakan pada masa keahlian, mengencangkan otot, memperkuat kerja jantung dan paru, membuat tidur menjadi lebih nyaman dan juga nyenyak, membantu mempertahankan berat badan yang seimbang, dan juga memperkuat bagian sendi.

gerakan senam ibu hamil 8-9 bulan

Senam ibu hamil sendiri cukup sederhana dan tidak memerlukan biaya yang besar. Anda cukup menggunakan ruangan dikamar atau rumah anda yang bersih. Senam yang dapat anda lakukan yang pertama adalah push up dinding. Senam ini bermanfaat untuk mengencangkan otot-otot anda. Caranya anda menghadap ketembok dengan tangan lurus bersandar pada dinding. Dari samping tubuh dapat dicondongkan kedepan dan kaki dibuka sejajar dengan bahu. Tekuk siku pelan-pelan dan dekatkan pada dada anda. Kembali ke posisi awal dan ulangi hingga 15 kali.

Senam ibu hamil yang kedua adalah senam dengan cara berjongkok. Senam ini bermanfaat untuk membantu memudahkan bayi lahir dan mencegah bayi sungsang. Caranya berdiri tegak membelakangi dinding dengan bola senam yang diletakkan diantara punggung dan dinding anda. Turunkan badan dan kaki hingga membentuk sudut 90 derajat, buka kaki sedikit. Kembali pada posisi semula dan ulangi hingga 10 kali agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Senam Ibu Hamil 3 Bulan Pertama

Senam ibu hamil yang terakhir adalah senam lantai. Senam ini dapat menguatkan otot perut dan juga otot punggung. Caranya ambil posisi menyerupai kursi dengan lutut sedikit tertekuk. Angkat dan sejajarkan kaki dengan punggung. Tahan beberapa saat dengan kaki bergantian sebagai tumpuan gerakan ini. Ulangi masing-masing kaki 10kali-10 kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan sempurna.

Kolom Diskusi

Advertisement