Jahitan Setelah Melahirkan Normal Terbuka Berbahayakah?

Ada beberapa kondisi pasca melahirkan yang berakibat pada jahitan yang dalam kondisi yang buruk bisa saja jahitan setelah melahirkan normal terbuka. Untuk mengantisipasi hal seperti ini terjadi, ada baiknya bila Ibunda mengikuti beberapa tips yang dapat membantu agar luka jahitan tidak terbuka setelah melahirkan. Selain itu, agar luka tersebut dapat mengering secara lebih cepat. Lantas hal apa saja yang dapat Anda lakukan agar luka jahitan tersebut dapat sembuh dengan cepat? Berikut ini tipsnya.

Tips Menjaga agar Luka Jahitan Lekas Sembuh

Jahitan setelah melahirkan normal terbuka bisa menimbulkan rasa sakit yang tidak diinginkan serta gangguan lainnya. Oleh karena itu ada baiknya bila Anda menjaga luka jahitan tersebut dan merawatnya sehingga dapat sembuh dengan sempurna. Langkah yang dapat Anda lakukan adalah dengan selalu menjaga agar luka jahitan selalu bersih dan kering hal ini membantu proses penyembuhan berjalan dengan lebih cepat. Anda bisa menggunakan tisu atau kapas yang lembut untuk mengeringkan area luka tersebut. Ingatlah untuk melakukannya secara hati-hati sehingga melukai Anda.

Jahitan Setelah Melahirkan Normal Terbuka Berbahayakah

Bersikaplah secara lebih hati-hati termasuk saat berjalan utamanya saat duduk. Saat duduk, usahakanlah untuk selalu menggunakan posisi yang nyaman bagi Anda, hindari duduk dengan menekuk kedua kaki Anda dalam posisi terbuka. Selain itu hindari bergerak terlalu banyak karena akan menghambat proses penyembuhan luka jahitan melahirkan. Anda juga disarankan untuk tidak melakukan gerakan-gerakan yang berat dan melelahkan seperti mengangkat benda- benda yang berat ataupun menaiki tangga yang jauh dan tinggi. Namun apabila akhirnya jahitan setelah melahirkan normal terbuka maka Anda dapat langsung menghubungi dokter kandungan Anda dan meminta pertolongan medis.

Sikap yang sikap dan cepat dapat membantu proses penyembuhan Anda dengan lebih baik. Oleh karena itu jangan ragu maupun khawatir untuk berkonsultasi kepada dokter ahli mengenai kondisi Anda. Apabila jahitan setelah melahirkan normal terbuka Anda dapat melakukan pertolongan medis ringan yang pertama sebelum menghubungi pihak dokter kandungan Anda yakni dengan membersihkan bekas luka tersebut dan menjaga agar tetap bersih dan steril. Apabila bekas jahitan tidak menimbulkan rasa sakit di kemudian hari maka Anda tidak perlu mengkhawatirkannya.

Kolom Diskusi

Tag:

  • jahitan setelah melahirkan normal terbuka
  • jahitan melahirkan normal terbuka
  • melahirkan normal
  • jahitan pasca melahirkan terbuka
  • jahitan melahirkan terbuka
  • luka jahitan terbuka pasca melahirkan
  • luka bekas jahitan melahirkan normal terbuka
  • jahitan setelah melahirkan terbuka
  • jahitan setelah
  • Bagaimana jika jahit

Advertisement