Kenali Bahan Berbahaya dalam Kosmetik Sebagai Modal Menjalankan Usaha Jual Produk Perawatan Wajah Terbaik

Sekarang ini peluang untuk membuka usaha jual produk kosmetik, produk perawatan wajah dan sejenisnya sangatlah besar. Bagaimana tidak? Jenis usaha ini memiliki pasar potensial yang sangat luas. Tak hanya kaum wanita, bahkan banyak juga kaum pria yang suka memakai produk-produk kosmetik dan perawatan wajah. Apalagi kini produk khusus untuk kaum pria sudah beredar luas di pasaran. Karenanya pasar yang akan Anda tuju sangatlah luas dan besar jumlahnya. Bila Anda dapat membuka usaha jual produk perawatan wajah terbaik ataupun jenis kosmetik lainnya, maka langkah Anda akan semakin mudah untuk direalisasikan.

Selayaknya saat Anda benar-benar ingin terjun ke dunia bisnis produk kecantikan dan perawatan wajah, maka Anda harus tahu lebih dalam tentang pengetahuan produk (product knowledge) yang akan Anda jual. Kepercayaan konsumen pada Anda akan diuji melalui pemilihan produk yang kualitasnya harus Anda pahami secara mendalam.

Jual Produk Perawatan Wajah Terbaik, salah satu hal penting yang harus Anda pahami dan ketahui tentang seluk beluk produk adalah tentang bahan berbahaya yang mungkin terkandung di dalam produk tersebut. Hal ini tentunya bisa membahayakan pemakai produk baik secara langsung maupun tidak langsung. Agar Anda bisa menghindari produk dagangan Anda dari bahan-bahan berbahaya ini, berikut ini beberapa informasi tentang bahan berbahaya yang kerap ada dalam produk kecantikan dan perawatan wajah yang perlu Anda tahu, yaitu:

  • Hydroquinone (Hidrokinon)

Hidrokinon adalah jenis senyawa kimia yang bersifat larut air, dan termasuk obat keras. Sifatnya sebagai antioksidan memang dapat menghambat melanogenesis atau proses terbentuknya melanin sehingga bisa menghilangkan kulit yang berwarna gelap dan dapat mencerahkan kulit. Meskipun ada manfaat yang dibawanya, namun tetap saja proses kimiawi zat ini dapat merusak jaringan kulit.

Dampak negatif paling minim dari penggunaan hidrokinon adalah kulit akan terasa terbakar dan terjadi iritasi. Yang paling menakutkan adalah dampaknya yang dapat menimbulkan penyakit Vitiligo yaitu menghilangnya pigmen kulit wajah dan menjadi putih, atau bahkan bisa timbul Okronosisdimana kulit wajah akan menjadi hitam dan membiru.

Tips Cara Perawatan Wajah

  • Mercury (Merkuri)

Merkuri atau lebih dikenal dengan air raksa (Hg) biasa ditambahkan pada produk perawatan yang berfungsi sebagai bahan pencerah kulit wajah. Zat berbahaya dalam merkuri salah satunya adalah zat kanker (karsinogen).

Umumnya dampak negatif yang timbul karena pemakaian merkuri adalah:

  • Terjadi perubahan warna kulit.
  • Timbul bintik-bintik hitam di kulit wajah.
  • Terjadi alergi.
  • Terjadi iritasi pada kulit wajah.
  • Bisa merusak fungsi otak, ginjal dan syaraf secara permanen.
  • Rhodamin B

Zat ini adalah jenis pewarna sintetis yang dipakai pada industri tekstil dan kertas. Karena sifatnya yang mudah larut dan polar membuatnya banyak dijadikan pewarna pada produk kosmetik. Bahkan sering pula disalahgunakan untuk bahan pewarna makanan.

Bila terpapar pada kulit, terhirup, tertelan atau terkena mata, Rhodamin B dapat menimbulkan iritasi pada kulit, saluran pernafasan, pencernaan, dan bisa menimbulkan kanker hepar.

  • Retin-A (asam retinoat)

Retin-A kerap digunakan sebagai anti jerawat, sun damage dan pemutih kulit. Dampak negatif yang ditimbulkan bila terpapar zat ini adalah iritasi pada kulit, dan bisa menyebabkan pertumbuhan abnormal pada janin dalam kandungan.

Dengan mengetahui tentang bahaya zat-zat yang kerap ditemukan dalam produk kecantikan dan perawatan ini, maka Anda akansemakin berhati-hati dalam memilih produk untuk usaha jual produk perawatan wajah terbaik Anda. Dan hal ini akan berdampak positif pada tingkat kepercayaan konsumen pada usaha yang Anda jalankan.

Kolom Diskusi

Advertisement