Ketahuilah 3 Cara Cepat Menyembuhkan Jahitan Pasca Melahirkan Normal

Cara cepat menyembuhkan jahitan pasca melahirkan normal. Ketika ibu memilih melahirkan secara normal, ibu akan mengalami robek di bagian lubang vagina. Dan biasanya lubang ini akan di jahit agar dapat kembali seperti sedia kala. Proses menjahit ada bermacam macam, benang yang dipergunakan pun juga beragam. Saat ini benang yang lebih dipilih adalah benang yang langsung menjadi daging, agar tidak repot mengambil benang lagi. Nah agar luka jahitan ini cepat sembuh dan tidak ada lagi rasa sakit, ada caranya bu, mari kita ulas bersama.

Cara Cepat Menyembuhkan Jahitan Pasca Melahirkan

Ada beberapa cara yang dapat ibu lakukan agar jahitan ini dapat segera sembuh, dan berikut cara cepat menyembuhkan jahitan pasca melahirkan normal.

  1. Istirahat yang cukup

Ibu yang baru saja melahirkan, lebih baik memperbanyak waktu istirahat. Selain memulihkan tenaga dan kondisi ibu, beristirahat juga merupakan cara cepat penyembuhan jahitan pasca melahirkan normal. Namun bukan berarti ibu tidak boleh bergerak sama sekali, lakukan aktivitas seperti biasanya semakin banyak bergerak seperti duduk, berjalan dan diimbangi tidur yang cukup akan lebih bagus untuk ibu.

  1. Menjaga kebersihan organ intim

Langkah menyembuhkan jahitan setelah melahirkan selanjutnya adalah selalu menjaga kebersihan organ intim. Apabila ibu kurang menjaga kebersihan organ intim, akan membahayakan dan beresiko terjadi infeksi di bagian intim. Jika ini terjadi proses penyembuhan akan berlangsung lebih lama. Sedikit saran bagi ibu, sebaiknya seringlah mengganti pembalut khusus bersalin sesering mungkin. Kemudian jika ibu BAB atau BAK lakukan cebok dengan benar yakni dari arah depan ke belakang. Jangan sampai terbalik.Cara Cepat Menyembuhkan Jahitan Pasca Melahirkan

  1. Perbanyak konsumsi protein, vitamin dan serat

Proses pemulihan jahitan pasca melahirkan normal ini bukan hanya dari luar saja, namun perlu di dukung oleh proses dari dalam. Penyembuhan dari dalam ini dapat dipenuhi dengan nutrisi yang lengkap. Kadang ada yang beranggapan bahwa ibu yang baru melahirkan tidak boleh mengkonsumsi protein seperti telut, ikan atau daging, dengan alasan luka jahitan akan susah sembuh. Hal ini mitos semata, justru kebalikannya. Banyak mengkonsumsi protein dapat mempercepat proses penyembuhan jahitan. Perbanyak serat agar feses tidak keras dan tidak beresiko membuat jahitan terbuka kembali.

Itulah beberapa cara agar jahitan pasca melahirkan normal dapat sembuh dengan cepat. Jika cepat sembuh, ibupun akan mudah beraktifitas seperti sediakala. Ingat ibu penyembuhan bekas jahitan ini bukan hanya dari luar tetap juga diimbangi dari dalam dengan nutrisi yang lengkap.

Kolom Diskusi

Tag:

  • jahitan karena robek melahirkan
  • jahitan luar sembuh
  • jahitan setelah melahirkan kapan menjadi daging

Advertisement