Manfaat Membacakan Cerita Dongeng Anak Untuk Perkembangan

Memaksimalkan pertumbuhan anak tentu merupakan sesuatu yang sangat penting untuk dilakukan. Pertumbuhan anak yang maksimal akan membuat orang tua menjadi bangga dan merasa berhasil dalam mendidik anak kesayangan mereka. Banyak cara yang sebenarnya dapat digunakan untuk memaksimalkan perkembangan anak anda, salah satunya dengan membacakan cerita dongeng anak setiap hari. Mungkin hal ini terlihat sepele akan tetapi ada beberapa manfaat penting yang akan anak anda rasakan jika anda melakukannya dengan rutin. Apa saja manfaatnya? Simak beberapa poin dibawah ini.

Meningkatkan kemampuan mendengar

Salah satu manfaat yang akan didapatkan anak anda saat anda membaca cerita dongeng untuknya setiap hari adalah kemampuan dasar mendengar yang akan meningkat. Kebiasaan ini akan membuat anak anda terlatih untuk menjadi pendengar yang baik saat dewasa nanti. Dengan membacakan cerita setiap hari, anda juga dapat berkomunikasi dengan lebih baik kepada anak anda dan mengajarkan beberapa nilai moral melalui cerita dongeng tadi.

Fondasi kemampuan berbahasa

Kesulitan berbicara yang dialami oleh anak kecil salah satunya disebabkan karena mereka tidak familiar dengan kata-kata yang harus mereka ucapkan. Nah, dengan hal ini, membacakan cerita dongeng anak kepada anak anda setiap hari merupakan salah satu cara yang cukup efektif untuk anda terutama untuk membuat fondasi kemampuan berbahasa anak anda dimasa depan. Dengan pembacaan cerita tadi, anak anda akan menjadi lebih familiar dengan berbagai macam kata sehingga mereka terangsang untuk menirukannya. Sangat cocok untuk membuat anak anda menjadi lebih mudah dalam berbicara.

cerita dongeng anak

Mengasah logika

Melatih anak untuk berpikir sejak dini tentu merupakan salah satu hal yang penting untuk dilakukan agar seorang anak memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi dengan berbagai macam hal yang baru. Salah satu cara untuk melatih kemampuan logika berpikir anak adalah dengan sebuah cerita. Ya, alur cerita dongeng yang unik terkadang membuat anak anda penasaran dan ingin tahu apa yang sebenarnya terjadi. Tentu, anda juga harus senantiasa menjelaskan beberapa detil yang diperlukan. Semakin banyak cerita yang dibacakan, maka anak anda semakin penasaran dan wawasan mereka juga akan senantiasa terlatih.

Dari beberapa penjelasan diatas, tentu kita dapat menyimpulkan jika pada dasarnya, cerita dongeng anak memberikan banyak keuntungan dan manfaat untuk anak anda sendiri. Oleh karena itu, anda sebaiknya membacakan cerita secara teratur terutama saat menjelang tidur. Disisi yang lain, anda juga harus jeli dalam memilih cerita yang sesuai dengan umur anak anda. Jangan membacakan cerita yang terlalu berat sehingga anak anda susah dimengerti. Biasakan membeli buku yang khusus untuk anak menurut usia mereka. Dengan demikian, perkembangan anak anda dapat lebih maksimal.

Kolom Diskusi

Tag:

  • cerita dongeng anak
  • foto cerita dongeng

Advertisement