Manfaat Minum Susu Bagi Ibu Hamil Muda

Susu memang telah di akui banyak mengandung vitamin dan gizi yang di butuhkan oleh tubuh terutama oleh ibu hamil karena masa kehamilan tentunya memerlukan pemenuhan gizi yang cukup agar janin dalam kandungan dapat tumbuh dengan baik. Oleh karena itu layak jika dikatakan bahwa ibu hamil wajib untuk mengonsumsi susu terlebih susu khusus untuk ibu hamil.

Dengan mengonsumsi susu yang banyak mengandung omega 3 dan omega 6, kolidan, DHA dan EPA di harapkan kebutuhan nutrisi dan vitamin penting akan dapat terpenuhi. Dengan demikian bukan hanya kesehatan sang ibu yang akan terjaga namun juga kesehatan dan perkembangan janin di dalam kandunganpun akan semakin sehat dan tumbuh dengan sempurna.

Sebagai salah satu sumber nutrisi yang baik bagi ibu hamil, berikut kami berikan beberapa manfaat dari meminum susu bagi ibu hamil.

  • Dapat memperbaiki kualitas air ketuban

Menurut beberapa hasil penelitian disebutkan bahwa dengan mengonsumsi susu saat hamil akan dapat memperbaiki kualitas air ketuban. Perlu untuk diketahui bahwa air ketuban dengan kualitas yang buruk dapat mempengaruhi kesehatan dan pertumbuhan janin di dalam kandungan.

minum susu saat hamil muda

  • Dapat memperbaiki jaringan di dalam tubuh

Jaringan pada tubuh seperti, jaringan otot, kulit, mata serta hati dan jantung cukup rentan terhadap kerusakan jika tidak dijaga dengan baik. Terlebih lagi jaringan yang ada didalam tubuh janin bayi karena tentunya belum memiliki daya tahan dan belum tumbuh dengan sempurna.

  • Dapat memperbaiki plasenta bayi di dalam kandungan

Manfaat minum susu ibu hamil yang selanjutnya yaitu bermanfaat memperbaiki plasenta bayi. Plasenta ini merupakan satu – satunya jalan yang menghubungkan dan menyalurkan nutrisi dari sang ibu ke janin yang di kandung, oleh karena itu tentunya kebutuhan nutrisi janin akan sangat bergantung terhadap plasenta yang baik dan selalu terjaga kesehatannya.

  • Dapat memperkuat sitem imun / kekebalan tubuh

Wanita memerlukan sedikitnya 60 gram nutrisi dan protein setiap harinya, namun tentunya kebutuhan akan nutrisi pada saat hamil akan semakin meningkat sehingga sangat tidak mungkin akan tercukupi hanya dengan mengonsumsi makanan saja. Dengan terpenuhinya kebutuhan nutrisi dan protein ini akan dapat meningkatkan kekebalan sistem daya tahan tubuh.

  • Pembentukan tulang dan Gigi

Dengan mengonsumsi susu ibu hamil dapat bermanfaat membantu pembentukan tulang dan gigi. Manfaat kandungan kalsium yang terdapat di dalam susu akan dapat bermanfaat dalam pertumbuhan tulang dan gigi, bahkan jika kandungan kalsiumnya cukup banyak dapat di simpan sebagai cadangan kalsium yang diperlukan tulang pada saat dewasa.

  • Memperlancar Asi

Manfaat lain dari mengonsumsi susu ibu hamil yaitu kandungan nutrisi kalsiumnya selain bermanfaat bagi pertumbuhan tulang dapat bermanfaat juga untuk memperlancar ASI.

Demikian beberapa manfaat dari meminum susu ibu hamil. Selain manfaat di atas tentunya masih banyak sekali manfaat lainya yang terdapat didalam kandungan susu. Semoga tulisan diatas bermanfaat bagi anda.

Kolom Diskusi

Advertisement