Mengenali Ciri Fisik Tanda Hamil Minggu Pertama

Tanda hamil minggu pertama memang susah diprediksi, terlebih jika anda masih berstatus pasangan muda yang belum berpengalaman akan hal ini. seorang perempuan yang berpengalaman pun terkadang belum bisa memprediksikan bagaimana kehamilan pada minggu pertama. Pada sebagian orang, mungkin satu atau dua gejala sudah dirasakan, namun hal itu tetap bukanlah menjadi patokan, misalnya menjadikan mual dan terlambat datang bulan sebagai acuannya. Terkadang, tanda tersebut bukanlah indikasi dari kehamilan, bisa saja karena faktor yang lain misalnya sakit. Melihat fenomena semacam ini, untuk memprediksi tanda hamil minggu pertama itu memang cukup sulit bagi pasangan suami istri. Berikut beberapa penjelasan singkatnya mengenai hal ini.

MELIHAT TANDA KEHAMILAN MINGGU PERTAMA

Dalam melihat tanda hamil minggu pertama banyak hal yang menjadi acuannya, bisa dilihat secara fisik, non fisik dan juga psikis. Dalam hal ini, yang paling mudah tentu dilihat dari fisik yang bisa dilihat secara kasat mata. Tanda pertama yang bisa dilihat yaitu terjadinya pendarahan atau bercak darah yang dalam dunia medis disebut dengan “implanantation bleeding“. Pendarahan ini terjadi karena proses implantasi calon janin ke dinding rahim. Namun, yang perlu anda ketahui yaitu dalam proses implantasi ini darah yang keluar hanyalah sedikit.

Ciri kedua sebagai tanda kehamilan yaitu perubahan pada payudara yang mana hal ini tentu bisa anda rasakan sendiri. pada minggu pertama kehamilan, payudara biasanya lebih sensitif dan kurang nyaman, baik saat menggunakan bra atau terkena sentuhan. Selain itu, ukuran payudara biasanya juga lebih besar, puting payudara terasa gatal dan juga membesar, aerola juga menjadi lebih gelap. Semua perubahan tersebut diakibatkan karena perubahan hormon yang terjadi pada kehamilan minggu pertama.

tanda hamil minggu pertama

Selain tanda diatas, meningkatnya frekuensi buang air kecil juga menjadi tanda fisik hamil minggu pertama. Tubuh akan memproduksi hormon hCG setelah terjadinya implantasi. Hal ini akan menyebabkan meningkatnya frekuensi buang air kecil tersebut. tanda ini bisa saja membuat anda tidak nyaman karena harus sering-sering ke kamar mandi, namun hal ini juga bisa menjadi indikasi bahwa anda hamil. Frekuensi buang air kecil ini akan berkurang mulai minggu ke 12 dan kembali meningkat pada minggu ke 27.

Tanda hamil minggu pertama juga bisa dilihat dari terjadinya kram perut yang terasa sakit. Tapi, anda tidak perlu khawatir karena ini merupakan efek dari proses implantasi calon janin ke rahim. Jadi, untuk minggu pertama kehamilan mungkin rasa sakit pada perut ini akan terjadi. setelah proses implantasi selesai, maka dengan sendirinya perut tidak akan sakit lagi.

Itulah beberapa ciri yang bisa anda kenali pada kehamilan minggu pertama. Jika ciri fisik tersebut sudah terjadi pada anda, maka bisa jadi anda sedang hamil. Namun, untuk lebih jelasnya tentu anda harus memastikan diri dengan periksa ke dokter yang bisa dilakukan dengan USG. Semoga bermanfaat!

Kolom Diskusi

Advertisement