Penyebab Bayi Sungsang Dalam Kandungan Yang Marak Terjadi

Memiliki kehamilan yang sehat dan normal tentu menjadi salah satu keinginan setiap ibu hamil. Kehamilan yang sehat akan memberikan buah hati yang sehat pula kepada mereka. Akan tetapi, terkadang terdapat permasalahan yang mengganggu, salah satunya adalah bayi sungsang. Bayi sungsang ini adalah bayi yang posisi di dalam kandungannya terbalik dari bayi normal. Biasanya, ibu hamil baru menyadari bahwa kandungan nya sungsang pada saat masa-masa akan melahirkan. Pada kesempatan ini, kita akan membahas beberapa hal terkait penyebab bayi sungsang yang harus anda ketahui. Berikut beberapa poin tersebut. Semoga dapat membantu anda sekalian!

Penyebab bayi sungsang

Bentuk rahim tidak sempurna

Berbicara perihal beberapa penyebab bayi lahir sungsang, kita dapat melihat bentuk rahim sebagai alasan yang pertama. Para ahli mengatakan bahwa bentuk rahim ibu yang tidak sempurna dapat menyebabkan bayi lahir secara sungsang. Para dokter juga menambahkan bahwa pada banyak kasus, para ibu yang memiliki bayi sungsang ini bermasalah pada rahim mereka, seperti rahim yang sempit dan juga cacat karena luka. Sebab lain berkaitan dengan rahim adalah posisi pinggul yang semakin sempit karena faktor usia yang mulai menua.

Riwayat kehamilan

Sebab lain yang dapat menyebabkan bayi terlahir dengan posisi sungsang adalah riwayat kehamilan sebelumnya. Para dokter mengatakan bahwa ibu hamil yang memiliki riwayat kehamilan sungsang sebelumnya berpotensi melahirkan bayi dengan posisi sungsang yang lebih besar di kehamilan selanjutnya. Hal ini di sebabkan karena pinggul sudah terbentuk dengan ‘cetakan‘ sungsang. Biasanya, kehamilan sungsang seperti ini terjadi pada wanita di kawasan Asia. Ada beberapa kondisi kehamilan yang juga di pengaruhi oleh riwayat kehamilan, yaitu kehamilan ektopik dan kehamilan anggur.

Usia ibu hamil

Berlanjut pada poin selanjutnya, salah satu penyebab bayi lahir sungsang adalah usia ibu hamil. Tentu, usia ibu hamil juga akan mempengaruhi perkembangan janin yang sedang di kandung. Nah, pada posisi ini, para ahli mengatakan bahwa wanita yang berusia lebih dari 35 tahun memiliki resiko melahirkan bayi sungsang yang lebih besar. Hal ini di dasarkan pada perubahan bentuk rahim dari ibu hamil. kondisi fisik ibu hamil dan juga kondisi panggul yang sulit untuk bayi normal. Termasuk juga resiko hamil di usia muda yang di karenakan bentuk pinggul belum matang dan sesuai dengan yang seharusnya.

Ukuran tali pusar pendek

Posisi bayi sungsang

Hal lain yang perlu di perhatikan ibu hamil adalah tali pusar. Ya, para ahli mengatakan bahwa tali pusar yang pendek menjadi salah satu penyebab bayi lahir sungsang dan sudah banyak kasus yang terjadi karena sebab ini. Kenapa tali pusar dapat mempengaruhi bayi lahir sungsang? Hal ini karena bayi tidak bisa bergerak dengan leluasa. Ketika bayi tumbuh, maka seharusnya dia dapat menyesuaikan posisinya. Akan tetapi, karena tali pusar nya terlalu pendek, maka dia akan tertahan pada posisi yang bisa saja tidak normal. Beberapa kasus lain juga menunjukkan bahwa bayi dapat terlilit tali pusar.

Nah, dari beberapa poin penjelasan di atas, kita dapat mengetahui beberapa penyebab bayi sungsang. Tentu saja mengerikan membayangkan bayi terlahir dengan sungsang dan beberapa gangguan lain. Oleh karena itu, mengetahui permasalahan dan perkembangan janin sejak dini mutlak untuk di lakukan. Untuk itu, selalu mengecek keadaan kehamilan merupakan cara yang paling ampuh yang dapat anda lakukan di rumah.

Kolom Diskusi

Tag:

  • penyebab bayi sungsang
  • posisi bayi sungsang
  • posisi bayi nyungsang
  • posisi bayi sudah matang
  • bAyi yang sungsang
  • janin sungsang dan terlilit tali pusar
  • sebab bayi nyungsang
  • sungsang

Advertisement