Posisi Menyusui Yang Benar dan Aman Untuk Bayi

Ternyata tidak semua ibu tahu posisi menyusui yang benar. Padahal kunci sukses pemberian ASI eksklusif dimulai dari ketepatan teknik menyusui ibu. Cara menyusui yang benar sangat berpengaruh terhadap suplai ASI pada buah hati. Jika bunda tidak paham teknik menyusui yang benar, maka asupan ASI pada bayi juga akan berkurang. Bisa jadi bukan ASI yang banyak, tapi malah udara yang masuk ke sistem pernafasan buah hati. Hal ini bisa memicu cegukan pada bayi.

Ada dua posisi menyusui yang benar, yaitu posisi berbaring miring dan posisi duduk. Posisi berbaring miring amat baik untuk pemberian ASI pertama kali atau bila ibu merasa lelah atau merasa nyeri. Sedangkan posisi duduk dapat dilakukan dengan duduk bersila di atas tempat tidur atau di lantai, atau bisa juga duduk di kursi. Dalam posisi ini sangat penting untuk memberikan sandaran pada punggung ibu dengan posisi tegak lurus terhadap pangkuannya. Baik posisi berbaring atau duduk, keduanya sama-sama memaksimalkan bentuk payudara ibu dan memberi ruang untuk menggerakkan bayi pada posisi yang baik. Badan bayi harus menghadap badan ibu dan mulut bayi dihadapkan pada puting susu.

Jenis Posisi Menyusui Yang Aman Untuk Bayi

Ada beberapa jenis posisi yang aman untuk ibu menyusui. Pertama posisi mendekap, posisi ini sangat cocok untuk bayi baru lahir. Caranya, letakkan bayi pada perut anda hingga kulitnya dan kulit anda bersentuhan. Biarkan tubuhnya menghadap ke arah anda dan topang kepalannya dengan siku. Posisi menyusui yang benar berikutnya adalah posisi mendekap silang. Posisi ini bagus untuk bayi prematur atau ibu yang mempunyai payudara kecil. Caranya, letakkan satu lengan untuk menopang tubuh bayi dan mendukung kepala. Posisi ini hampir sama dengan posisi duduk, hanya saja mempunyai kontrol lebih besar atas kepala bayi.

Posisi Menyusui Yang Benar

Posisi menyusui yang benar selanjutnya adalah posisi pencengkram. Caranya, pegang bayi di samping anda hingga kaki bayi terselip di bawah lengan. Posisi ini sangat baik bagi ibu dengan payudara besar atau ibu yang menjalani operasi caesar. Untuk posisi ini lebih baik anda menggunakan bantal untuk menopang tubuh bayi. Selanjutnya adalah posisi duduk dan berbaring seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Posisi Menyusui Yang Benar dan aman

Selain bunda harus memahami posisi menyusui yang benar, berikut ada beberapa tips penting yang bisa diterapkan. Sebaiknya ibu belajar memperagakan menyentuh bibir atas bayi dengan puting susu. Seharusnya bayi mengulum sebagian besar areola puting, bukan hanya bagian ujung puting saja. Jika posisi ini benar, maka puting susu dapat menyentuh langit-langit mulut. Sentuhan ini akan merangsang refleks menghisap. Sementara lidah akan memberi penekanan berulang-ulang secara teratur hingga ASI keluar maksimal.

Kolom Diskusi

Advertisement