Inilah Posisi Tidur Ibu Hamil 6 Bulan Yang Aman Maupun Yang Dilarang

Kehamilan 6 bulan boleh di katakan sebagai periode yang rawan. Hal ini karena janin tumbuh semakin pesat sehingga perlu perhatian yang khusus oleh ibu hamil, termasuk posisi tidur. Ya, posisi tidur merupakan salah satu hal yang wajib di perhatikan demi kenyamanan istirahat dan keamanan janin yang anda kandung tertutama posisi tidur ibu hamil muda. Ada beberapa posisi tidur yang baik dan tidak. Nah, pada kesempatan ini, kita akan membahas beberapa posisi tidur ibu hamil 6 bulan yang di perbolehkan dan yang tidak. Simak beberapa penjelasan di bawah ini. Semoga membantu anda sekalian.

Posisi tidur yang di perbolehkan ketika mengandung

Nah, mari kita awali pembahasan dari posisi tidur yang di perbolehkan. Ada beberapa posisi tidur ibu hamil yang di perbolehkan dan aman bagi kehamilannya. Yang pertama adalah terlentang. Ini merupakan salah satu posisi tidur yang baik untuk ibu hamil dan sangat di anjurkan untuk ibu hamil terutama yang hamil 6 bulan atau lebih. Kenapa posisi ini di anjurkan? Posisi ini membuat beban kandungan merata pada tulang belakang. Sementara itu, posisi organ pencernaan pun sama sekali tidak terganggu dan cenderung aman. Akan tetapi, anda juga tetap harus menyesuaikan dengan kondisi badan.

Posisi aman yang lain adalah dengan miring atau menyamping. Ini merupakan salah satu posisi yang sangat di anjurkan oleh dokter kepada anda. Ada beberapa manfaat dari tidur di posisi ini. Salah satunya adalah beban kehamilan tidak terpusat dan dapat di minimalkan. Selain itu, para pakar mengatakan bahwa posisi tidur miring ini juga bermanfaat untuk hal lainnya, seperti aliran darah yang lancar, usus dan pencernaan juga dalam posisi siap yang tetap dapat bekerja dengan normal. Dengan tidur teratur dengan posisi miring, ibu hamil juga akan terbebas dari sakit punggung.

posisi tidur ibu hamil

Selain kedua posisi di atas, ibu posisi tidur ibu hamil 6 bulan yang di anjurkan adalah bersandar. Mungkin ini merupakan salah satu posisi tidur yang kurang nyaman untuk di terapakan. Akan tetapi, ini merupakan salah satu alternative yang dapat di lakukan terlebih jika ibu hamil memiliki ukuran kandungan yang relative lebih besar atau hamil bayi kembar. Nah, sebagai ibu hamil, anda dapat merekayasa sedemikian rupa tempat tidur anda agar meskipun anda tidur dalam posisi bersandar, anda akan tetap mendapatkan kenyamanan yang anda inginkan.

Posisi tidur yang di larang untuk Ibu Hamil

Untuk poin yang selanjutnya, kita akan membahas posisi tidur ibu hamil yang di larang. Yang pertama tentu saja adalah posisi tidur dengan tengkurap. Ini merupakan posisi tidur yang tidak hanya di larang, tetapi juga berbahaya. Posisi tidur tengkurap akan menyebabkan janin menjadi tergencet. Selain itu, asupan oksigen untuk janin juga akan berkurang dengan drastis. Hal lain yang merupakan efek buruk dari tidur tengkurap adalah terganggunya system pencernaan dari ibu hamil. Nah, posisi tidur inilah yang harus di hindari oleh ibu hamil.

Posisi tidur lain yang tidak di perbolehkan adalah tidur dengan mengangkat kaki ke atas. Ini merupakan salah satu hal yang jamak di lakukan oleh ibu hamil karena untuk mengatasi kelelahan dan letih yang mereka derita. Akan tetapi, tidur dengan mengangkat kaki ke atas berbahaya untuk di lakukan. Apa pasal? Tidur dalam posisi ini akan menyebabkan ruang janin akan menjadi sempit dan hal tersebut akan menganggu perkembangan janin. Nah, demikian beberapa posisi tidur ibu hamil 6 bulan yang harus anda ketahui. Semoga membantu!

Kolom Diskusi

Tag:

  • posisi tidur ibu hamil 6 bulan
  • posisi tidur yang baik untuk ibu hamil 6 bulan
  • Posisi tidur hamil 6 bulan
  • posisi tidur yg baik untuk ibu hamil 6 bulan
  • posisi tidur ibu hamil
  • posisi tidur yang baik saat hamil 6 bulan
  • posisi tidur untuk ibu hamil
  • posisi tidur untuk ibu hamil 6 bulan
  • posisi tidur ibu hamil usia 6 bulan
  • tidur terlentang saat hamil 6 bulan

Advertisement