Tips Cara Mengatasi Anak Susah Makan Agar Tetap Sehat

Anak susah makan menjadi salah satu problem yang sering di alami oleh orang tua dan terkadang hal ini menyebalkan. Tentu saja, orang tua khawatir karena asupan gizi anak dapat berkurang dan kesehatan anak menjadi lebih rentan. Pada kesempatan ini, kita akan membahas beberapa cara mengatasi anak susah makan yang sebaiknya anda tahu.

Dengan beberapa tips dan cara mengatasi anak susah makan dari nambii.com berikut ini, anda dapat mengatasi beberapa masalah terkait makanan anak dan tentu saja, anak anda akan tumbuh dengan lebih baik lagi. Simak beberapa poin di bawah ini.

  • Kenali penyebabnya

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengenali penyebab anak susah untuk makan. Ya, hal ini penting di perhatikan karena biasanya anak memiliki beberapa penyebab kenapa dia susah makan. Tentu saja, dengan mengenali penyebab susahnya anak makan, maka anda dapat mengatasinya dengan segera. Contoh, terkadang anak tidak suka makan karena mereka merasa lauk yang di siapkan tidak cocok sehingga mereka kurang selera. Atau mereka ingin anda memasak salah satu makanan kesukaan mereka. Bisa juga anak memang sedang dalam kondisi tidak sehat.

  • Jangan memaksakan anak

Walaupun anak anda susah untuk makan, akan tetapi anda sebaiknya tidak memaksakan anak untuk makan, terlebih untuk banyak makan. Hal ini penting karena ketika anak di paksa dan merasa terpaksa, maka yang ada dia tidak lantas manut saja dengan orang tua tetapi malah semakin membandel saja. Oleh karena itu, perlu pendekatan persuasive dari orang tua sebagai salah satu cara mengatasi anak susah makan. Ajak anak anda berbincang mengenai beberapa bahan makanan sambil anda jelaskan beberapa manfaatnya yang dapat di peroleh ketika di konsumsi.

Cara Mengatasi Anak susah Makan

  • Ciptakan suasana nyaman

Salah satu penyebab anak susah makan adalah suasana yang tidak nyaman terbangun ketika jam makan. Bisa saja karena anda marah dengan pasangan sehingga anak menjadi kehilangan selera. Untuk itu, penting bagi anda untuk menciptakan suasana yang nyaman di jam-jam makan sehingga nafsu makan anak anda akan terjaga. Anda juga dapat mengajak anak anda berbincang dengan sesuatu yang mereka sukai ketika jam makan agar suasana nyaman akan terbangun dengan sempurna, sehingga masalah sulit makan dapat di atasi.

  • Berikan Variasi menu yang menarik

Jenuh dengan menu yang anda hidangkan setiap hari mungkin juga menjadi salah satu faktor penyebab anak sudah makan. Oleh karena itu anda harus lebih pintar dalam memilih variasi menu yang akan anda sajikan untuk keluarga terutama untuk anak anda. Anda juga dapat menyesuaikan juga menu harian untuk anak anda sesuai dengan usia mereka. Misalnya saja menu makanan anak 1 tahun mungkin akan sedikit berbeda dengan menu makanan anak usia 2 tahun. Atau variasikan dengan makanan yang paling disukai oleh anak anda.

Nah, dari beberapa poin penjelasan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa sebenarnya ada beberapa hal yang dapat di coba sebagai salah satu cara mengatasi anak susah makan. Tentu, anda harus bersikap sabar untuk menghadapinya. Bisa saja, anda memberikan beberapa suplemen anak untuk di konsumsi yang dapat meningkatkan nafsu makan anak anda dengan bertahap. Coba berkunjung ke apotek dan temukan beberapa jenis suplemen yang sesuai.

Kolom Diskusi

Advertisement