Tips Cerdas Menyaring Berita Politik  Hoax

Tips Cerdas Menyaring Berita Politik Hoax

Berita politik merupakan salah satu informasi yang banyak dicari pengguna internet setiap hari. Apalagi negeri ini sedang menanti hari pemilihan presiden, banyak isu politik dan kabar-kabar penting yang diupdate media setiap harinya. Berita ataupun informasi yang beredar di dunia maya memang tidak sepenuhnya terkontrol dengan baik.

Ciri berita politik HOAX

Hoax atau berita palsu dibuat dan disebarkan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang efeknya sangat merugikan. Menjelang pemilihan umum presiden bulan April nanti, media berlomba-lomba menghadirkan berita politik terbaru untuk masyarakat. Sebagai penerima berita, masyarakat dituntut lebih cerdas dalam menerima informasi.

  1. Judul yang digunakan terselip unsur provokasi

Judul adalah fokus utama penulis berita karena mempunyai peran besar untuk menarik banyak pembaca. Meskipun begitu sebaiknya judul berita politik tidak melulu harus sensasional dan terlihat provokatif. Anda bisa berhati-hati dengan jenis berita yang menampilkan judul dengan ciri-ciri di atas. Biasanya provokasi terlihat dari kalimat yang menunjuk langsung pihak tertentu.

Apabila anda menerima info berita dengan tipe judul tersebut, salah satu cara mengonfirmasi kebenarannya yaitu dengan mencari referensi lain yang memberikan informasi serupa. Misalkan dengan mengakses beberapa situs berita lain. Hal ini diharapkan akan membuat pembaca lebih bijak dalam menarik kesimpulan dari isi berita tersebut.

  1. Perhatikan alamat laman online yang diakses

Dunia maya terbuka untuk semua orang dan membebaskan mereka untuk menulis sesuai dengan isi pikiran. Meskipun ada konsekuensi hukum yang akan diterima ketika seseorang menyebarkan berita politik ataupun informasi palsu lainnya, tetapi anda harus tetap waspada terhadap aksi provokasi yang sering dimuat berita HOAX.

Lebih baik mengakses berita tentang politik di situs-situs terpercaya. Hampir semua media informasi di Indonesia mempunyai website yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja melalui smartphone. Jika alamat url web terbilang aneh dan belum terverifikasi secara resmi, sebaiknya tidak menelan mentah-mentah informasi yang disajikan.

Dari data Dewan Pers terdata 43 ribu situs melakukan klaim menjadi portal berita, tapi faktanya alamat resmi yang sudah diverifikasi masih kurang dari 300. Dari data ini, anda bisa membayangkan berapa banyak situs belum resmi yang berpotensi menulis berita-berita palsu untuk kepentingan politik pihak-pihak tertentu.

  1. Cermati asal muasal informasi

Sebuah berita yang benar pastinya memiliki sumber yang jelas. Anda bisa memilahnya dengan melihat sumber yang ada merupakan institusi resmi atau tidak. Ada banyak berita bersumber dari tokoh politik, pengamat, atau penggiat ormas tertentu yang perlu disaring informasinya.

Ada beberapa poin yang perlu perhatian yaitu keberimbangan sumber dari informasi tersebut. Apabila hanya menampilkan satu sumber, maka cukup sulit bagi pembaca untuk mengetahui informasi lengkapnya. Masyarakat sebagai penerima berita apapun termasuk politik juga perlu memahami perbedaan berita yang dibuat dari fakta maupun opini.

  1. Foto yang ditampilkan asli atau tidak

Bukan hanya tulisan saja, berita masa kini sebagian besar menambahkan foto untuk meyakinkan pembaca tentang keakuratannya. Namun, banyak oknum pembuat berita HOAX memanfaatkan aplikasi edit foto untuk merubah tampilannya. Manipulasi ini juga bisa dibuat dalam bentuk video suatu kejadian.

Cara termudah untuk mengetahui keaslian sebuah foto adalah dengan menelusuri dunia maya menggunakan mesin search engine. Anda bisa melihat banyak gambar dari situs-situs lainnya yang kemungkinan serupa sebagai bahan perbandingan.

  1. Aktif dalam diskusi anti-Hoax

Semakin banyaknya berita HOAX yang tayang setiap hari, membuat banyak orang memanfaatkan forum yang tersedia di media sosial untuk mengedukasi melalui diskusi online. Anda dapat memanfaatkan diskusi untuk bertanya banyak tentang berita HOAX ataupun situs-situs yang biasa menyebarkannya. Umumnya grup-grup tersebut mengijinkan semua anggota untuk berkontribusi sehingga lebih terasa manfaatnya.

Era digital menghadirkan banyak tantangan salah satunya adalah menuntut pembaca berita lebih cerdas dan kritis. Lima cara tersebut  bisa membantu anda terhindar dari berita-berita palsu yang merugikan. Pastikan anda membaca berita dari situs resmi institusi, jika terpaksa membaca informasi dari situs yang belum terverifikasi lebih baik bandingkan dengan situs lainnya.

Kolom Diskusi

Advertisement