Tips Melahirkan Normal Tanpa Jahitan Ketahui Yuk Bunda

Melahirkan menjadi sebuah proses yang harus dilalui banyak wanita. Ketika seorang wanita melahirkan, dia merasa menjadi seorang wanita seutuhynya. Apalagi melalui cara melahirkan normal. Pada saat melahirkan, bagian kewanitaan wanita akan dijahit. Hal ini dikarenakan ada guntingan atau robekan. Dalam istilah kedokteran dinamakan episiotomy. Proses ini digunakan untuk melebarkan jalan lahir bayi. Banyak wanita yang merasa kesakitan ketika dijahit, sebenarnya ada cara untuk meminimalisir bagian kewanitaan anda dijahit atau mendapat proses episiotomy. Jadi anda bisa melahirkan normal tanpa jahitan. Inilah beberapa tips yang bisa anda lakukan.

Tempat Melahirkan

Kenapa tempat melahirkan sangat mempengaruhi kelahiran anda. saat ini semua proses melahirkan minimal harus dilakukan di rumah sakit. Jika keadaanya tidak harus dilakukan persalinan pada saat itu juga, proses persalinan harus dilakukan di rumah sakit atau puskesmas. Proses persalinan tidak boleh dilakukan di rumah atau rumah bidan. Pilihlah tempat persalinan yang benar-benar nyaman. Membuat anda lebih rileks dan rasa kecemasan anda tidak terlalu berlebihan. Jika anda terlalu panik, akan membuat proses persalinan semakin sulit dan organ kewanitaan anda semakin robek.

Persiapan Diri Sendiri

Persiapan diri sendiri sangatlah penting dalam proses melahirkan normal tanpa jahitan. Banyak wanita yang akhirnya melahirkan secara Caesar karena kurangnya persiapan pada diri sendiri. anda harus meyakinkan diri sendiri kalau anda akan melahirkan secara normal. Kecuali ada masalah-masalah tertentu yang tidak memungkinkan untuk melahirkan normal. Pada masa trimester ketiga cobalah untuk perbanyak jalan, mengatur nafas dan melakukan beberapa pijatan. Terutama senam pada bagian kegel untuk membantu melatih otot-otot disekitar organ kewanitaan atau jalan keluar bayi nantinya.

Gerakan Melatih Otot

Pada trimester pertama memang ada dilarang untuk terlalu banyak bergerak. Tetapi pada trimester terakhir, anda diwajibkan untuk banyak bergerak. Anda harus melakukan gerakan yang bisa melatih otot organ kewanitaan, membantu posisi bayi sudah siap untuk keluar dari rahim dan lain sebagainya. Sehingga tidak ada lagi yang namanya sungsang dan proses mendorong bayi lebih mudah. Gerakan sujud sangat membantu untuk membuat posisi bayi semakin baik. Anda juga bisa melakukan beberapa kegiatan rumah, berjalan-jalan di pagi hari, yoga atau senam kehamilan. Perbanyaklah bergerak terutama dimasa-masa menjelang persalinan.

tips melahirkan normal tanpa rasa sakit

Jangan Terlalu Kelelahan

Anda memang harus perbanyak bergerak ketika memasuki trimester terakhir. Tetapi jangan sampai anda kelelahan. Ini akan sangat mengganggu proses melahirkan normal tanpa jahitan anda.ketika anda kelelahan atau cepat merasa lelah, kemungkinan besar dilakukan pengguntingan akan lebih besar. Oleh karena itu jangan melakukan aktivitas yang melelahan menjelang masa-masa persalinan. Tetap lakukan beberapa gerakan tapi juga harus menjaga diri dari kelelahan. Selalu jaga asupan nutrisi anda dan perbanyaklah istirahat. Ini akan membantu mendapat energy ketika proses persalinan.

Gunakan Minyak Zaitun Dan Alpukat

Kita semua tahu kalau minyak zaitun dan alpukat memiliki banyak manfaat. Konsumsi minyak zaitun dan alpukat memberikan nutrisi yang banyak pada tubuh anda, kandungan didalam minyak zaitun dan alpukat membantu peregangan kulit dalam proses persalinan lebih lancar. Selain menggunakan minyak zaitun dan alpukat. Anda juga bisa mengkonsumsi teh daun raspberry. Konsumsi teh daun raspberry pada trimester terakhir bisa membantu proses kontraksi lebih bagus dan produktif.

Cara Melahirkan Normal dengan Tetap Aktif Saat Terjadi Kontraksi Gambar terkait: Gambar terkait Gambar terkait Gambar terkait Gambar terkait Gambar terkait Gambar terkait Gambar terkait Gambar terkaitTampilkan lebih banyak Gambar bisa saja memiliki hak cipta.Kirim masukan Hasil gambar untuk Melahirkan Normal Tanpa Jahitan Tips Melahirkan Normal Tanpa Jahitan - BlogHamil.Com BlogHamil.Com350 × 350Telusuri gambar Kiat Melahirkan Alami Tanpa Rasa Sakit Gambar bisa saja memiliki hak cipta.Kirim masukan

Aromaterapi Membuat Tubuh Lebih Rileks

Aromaterapi sangat bagus membuat tubuh dan pikiran lebih rileks. Tidak hanya untuk orang pada umumnya saja, tetapi juga untuk ibu hamil yang akan melahirkan normal. Ada banyak sekali aromaterapi yang bisa anda gunakan. Pilihlah aromaterapi yang bisa membuat pikiran lebih tenang. Pada saat pikiran anda tenang semua otot-otot tubuh juga ikut nyaman. Jadi tubuh anda tidak menegang dan anda tidak cemas. Ini akan membantu meminimalisir jahitan pada persalinan bayi anda. Ketika tubuh anda terlalu cemas, akan membuat otot-otot organ kewanitaan anda tegang. Sehingga proses persalinanakan lebih sulit. Buat anda yang mudah cemas, cobalah sering menghirup aroma terapi. Kalau perlu pada saat proses persalinan, anda sambil menghirup aroma terapi kesukaan anda.

Jangan Mengangkat Bokong

Pada saat proses persalinan terjadi, seorang ibu harus bisa mengatur nafas dengan baik. Anda akan diburu dengan pernafasan terus menerus. Pada saat proses ini terjadi, terkadang tubuh tidak sengaja mengangkat bokong atau pantat. Mengangkat bokong pada saat proses persalinan sangatlah dilarang. Ini bisa menyebabkan robekan jalan lahir yang lebih besar. Otot-otot akan mudah rusak dan akhirnya lubangnya semakin besar. Jika lobang semakin besar tentunya harus dijahit. Oleh karena itu jika anda ingin melahirkan normal tanpa jahitan, anda jangan pernah mengangkat bokong anda. itulah beberapa tips yang harus anda lakukan jika ingin melahirkan normal tanpa adanya jahitan. Semua tips diatas mudah dilakukan dan harus dilakukan dengan disiplin. Sekian sedikit informasi yang bisa diberikan. Semoga bermanfaat.

Kolom Diskusi

Advertisement