Tips Membacakan Cerita Dongeng Anak Sebelum Tidur

Salah satu aktivitas yang mudah dan penting untuk meningkatkan perkembangan anak adalah membacakan cerita dongeng anak. Dulu banyak orang tua melakukan hal semacam ini sebagai salah satu cara untuk mendampingi perkembangan anak. Akan tetapi, dewasa ini, aktivitas ini sering sekali di abaikan. Anda dapat memulai untuk membacakan beberapa cerita kepada anak anda lagi. Akan tetapi, untuk hasil maksimal sehingga cerita bisa disampaikan sebagaimana mestinya, ada beberapa tips yang harus anda perhatikan. Apa saja tips yang penting sebelum membacakan cerita untuk anak? Simak beberapa penjelasan dibawah ini.

Ciptakan suasana nyaman

Agar cerita mampu disampaikan dengan maksimal, tentu saja anda harus menciptakan suasana yang nyaman untuk anak anda. Suasana yang nyaman tentu saja akan membuat anak anda menjadi lebih tenang saat mendengarkan cerita yang anda bacakan. Dalam hal ini, ciptakan suasana yang hening dan tidak berisik. Matikan televisi dan hal lain yang tidak diperlukan. Selain itu, jangan lupa pastikan anak anda sudah siap untuk tidur, sehingga setelah anda selesai membacakan cerita dongeng anak, mereka bisa langsung memejamkan mata.

Jauhkan dari mainan

Hal lain yang harus anda harus anda perhatikan dalam beberapa tips untuk membaca cerita dongeng anak adalah menjauhkan anak-anak dari mainan maupun gadget. Hal ini penting untuk dilakukan karena mainan dan gadget dapat membuat merek menjadi tidak fokus untuk mendengarkan cerita yang anda bacakan. Nah, sebelum membacakan cerita, selain anda merapikan tempat tidur anak, rapikan juga mainan mereka dan ambil gadget yang mereka mainkan sehingga tidak ada aktivitas lain yang dilakukan. Dengan hal ini, cerita akan lebih mudah untuk disampaikan.Cerita Dongeng Anak Sebelum Tidur

Libatkan anak dalam cerita

Salah satu cara agar cerita yang anda bacakan dapat diterima dengan baik adalah dengan melibatkan anak anda dalam cerita tersebut. Dengan hal ini, anak anda pasti akan lebih antusias untuk mendengarkan cerita dongeng anak yang anda bacakan. Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan. Misalnya saja, berikan kesempatan anak anda untuk memilih cerita yang ia sukai untuk dibacakan. Selain itu, anda juga dapat mengganti nama tokoh dalam cerita dengan nama anak anda. Cukup unik bukan? Anda tentu perlu melakukan sedikit kreasi dalam bercerita.

Rangsang imajinasi anak

Tujuan dari pembacaan cerita dongeng anak adalah agar imajinasi anak menjadi lebih berkembang. Dalam hal ini, penting bagi anda untuk merangsang imajinasi anak anda. Saat membacakan beberapa cerita tadi, selipkan beberapa pertanyaan simple untuk anak anda dalam rangka merangsang imajinasi dan daya tangkap mereka atas cerita yang anda bacakan. Tentu saja jangan kaget atas beberapa respon unik yang mereka ucapkan. Hargai pendapat mereka.

Kolom Diskusi

Advertisement