Tips Memilih Deterjen Yang Aman dan Ramah Lingkungan

Sebagaimana kita tahu, mencuci adalah salah satu kegiatan sehari-hari untuk menjaga pakaian agar tetap bersih sehingga bisa dikenakan kembali. Untuk proses pencucian, tentu anda memerlukan deterjen untuk membantu anda membersihkan kotoran yang menempel pada pakaian. Dewasa ini, banyak sekali jenis deterjen yang ada dipasaran yang dapat anda pilih. Banyaknya pilihan deterjen harus menjadi pertimbangan agar anda memilih deterjen yang terbaik terutama untuk mencuci perlengkapan atau pakaian bayi. Nah, pada kesempatan ini, kita akan membahas beberapa hal terkait tips untuk memilih deterjen ramah lingkungan. Apa saja hal yang harus diperhatikan? Simak penjelasan dibawah ini.

Komposisi

Hal pertama yang harus anda perhatikan untuk memilih deterjen ramah lingkungan adalah dengan memperhatikan komposisi dari deterjen tersebut. Sebagaimana kita tahu, komposisi deterjen akan sangat berpengaruh pada kemampuan deterjen tersebut untuk pencucian pakaian. Dalam hal ini, deterjen yang ramah lingkungan biasanya memiliki tekstur yang lebih lembut ditangan sedangkan deterjen yang kurang ramah biasanya terasa panas jika tersentuh tangan. Selain itu, perhatikan juga bahan-bahan yang tertera di dalam bungkus deterjen. Nah, bahan-bahan tersebut seharusnya mengandung komposisi yang seimbang.

Sedikit busa

Selain memperhatikan komposisi, memilih deterjen terbaik dapat dilihat dari jumlah busa. Biasanya, iklan di media sangat bangga mengatakan bahwa deterjen tertentu memiliki busa yang sangat banyak. Akan tetapi, sebaiknya anda tidak tergoda dengan iklan tersebut. Ya, dalam hal ini, anda perlu tahu bahwa salah satu ciri deterjen ramah lingkungan adalah hanya memiliki sedikit busa. Jumlah busa yang sedikit ini bukan tanda bahwa deterjen tersebut kurang baik untuk membersihkan kotoran tetapi busa yang sedikit tidak akan mencemari lingkungan.deterjen ramah lingkungan

Perhatikan brand

Brand memang tidak bisa dipungkiri sangat membantu dalam menemukan jenis deterjen ramah lingkungan terbaik di pasaran. Ya, deterjen dengan brand yang terkenal memiliki jaminan yang lebih untuk membantu anda mendapatkan deterjen dengan kemampuan yang sangat baik. Dalam hal ini sebaiknya anda memilih deterjen dengan brand yang cenderung terkenal dan familiar. Memang, rata-rata deterjen dengan brand terkenal memiliki harga yang lebih mahal. Akan tetapi, harga mahal mereka sebanding dengan kemampuan yang baik untuk mengangkat kotoran yang menempel pada pakaian.

Dari beberapa penjelasan diatas, tentu ada beberapa hal yang dapat dijadikan tips untuk memilih deterjen terbaik. Anda jangan tergoda dengan diskon atau harga murah yang diberikan oleh deterjen tertentu karena bisa jadi, deterjen tersebut memiliki kualitas yang buruk. Selain berusaha mendapatkan deterjen ramah lingkungan, anda juga sangat penting untuk memperhatikan jenis deterjen tersebut sesuai dengan mesin cuci yang anda gunakan – jika anda menggunakan mesin. Hal ini penting untuk menjaga kondisi mesin cuci tersebut agar tetap awet.

Kolom Diskusi

Advertisement