Tips Menghindarkan Bau Apek dari Baju Bayi

Kulit bayi yang halus memang sangat rentan terhadap berbagai macam gangguan. Gangguan-gangguan terhadap kulit bayi bisa disebabkan oleh pemakaian bedak bayi yang salah, baju baru yang tidak dicuci terlebih dahulu atau bahkan baju apek yang penuh kuman walaupun sudah dicuci. Salah satu yang paling sering terjadi adalah baju bayi yang berbau apek. Bau apek ini tentu akan sangat mengganggu baik dari segi kenyamanan bayi sampai dengan kesehatannya.

Bau tidak sedap pada baju bayi biasanya diakibatkan oleh cara mencuci yang kurang tepat. Penyebab baju bau apek yang paling umum adalah pencuciannya yang kurang bersih. Selain itu, bau apek juga bisa disebabkan oleh proses perendaman yang terlalu lama, pengunaan air yang kotor, dan lain sebagainya. Bahkan kering yang tidak merata pada baju bayi pun dapat menjadi penyebab baju bau apek. Berikut beberapa tips menghindarkan bau apek pada baju bayi Anda.

  • Persiapkan detergen yang baik. Seperti yang telah disinggung di atas bahwa penyebab utama bau apek pada baju bayi adalah proses pencucian yangn tidak bersih. Salah satu faktor pendukung dari bersih atau tidaknya cucian kita adalah detergen yang kita gunakan. Jadi pastikan Anda menggunakan detergen yang benar-benar ampuh dalam membersihkan kuman pada pakaian.
  • Selalu gunakan air bersih untuk mencuci. Air kotor atau air yang memiliki kadar zat besi atau kaporit yang berlebihan dapat menyebabkan baju bayi Anda berbau apek.
  • Bilas cucian hingga tuntas. Sehabis mengucek atau pun mencuci baju bayi dengan sabun di mesin cuci, pastikan Anda membilas cucian tersebut sampai tuntas dan terbebas dari sisa-sisa detergen. Anda juga sebaiknya jangan menggunakan detergen terlalu banyak karena hal ini dapat menjadi penyebab baju bau apek.

Tips Menghindarkan Bau Apek dari Baju Bayi

  • Keluarkan langsung baju-baju bayi Anda dari mesin cuci sesaat setelah mesin cuci terebut berhenti berputar. Selanjutnya, jangan menunda pengeringan. Langsung keringkan baju tersebut setelah diangkat dari mesin cuci.
  • Usahakan agar baju bayi Anda kering dalam sehari. Anda harus pintar dalam mengatur jadwal mencuci, karena pakaian yang lembab dan dibiarkan semalaman dapat membuatnya berbau tidak sedap.
  • Pastikan baju bayi kering sempurna. Ketika Anda mengangkat jemuran, Anda harus mengecek kembali apakah masih ada bagian yang belum kering. Selanjutnya, Anda juga harus benar-benar memastikan bahwa baju bayi telah kering sempurna sebelum menyetrikanya.

Demikianlah beberapa tips dalam menghindari bau apek pada baju bayi. Terlepas dari masalah cara pencucian, Anda juga harus memperhatikan tempat lemari pakaian bayi Anda. Lemari pakaian sebaiknya diletakkan di ruang yang tidak terlalu lembab. Pastikan ruangan tempat lemari baju bayi Anda memilliki sirkulasi udara yang baik.

Kolom Diskusi

Advertisement