Tips Merawat Motor Agar Tetap Handal di Usia Tua

Motor atau kendaraan roda dua merupakan kendaraan yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia saat ini. Hal ini dikarenakan harga beli motor yang lebih ekonomis dibandingkan dengan mobil. Penggunaan motor juga lebih efisien untuk penggunaan pribadi. Selain itu alasan sentimentil juga bisa membuat pemilik motor enggan menjual motornya meski sudah berusia tua. Banyaknya kenangan bersama motor tersebut membuat pemiliknya tetap ingin menggunakan meski sudah banyak motor baru yang diproduksi.

Tips Merawat Motor Agar Tetap Handal di Usia Tua

Jika Anda termasuk orang yang enggan mengganti motor lama dengan motor baru dan tetap ingin menggunakannya, Anda bisa mulai merawat motor Anda dengan cara-cara khusus agar ketika motor sudah berusia tua tetap bisa digunakan seperti ketika masih baru. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk merawat motor Anda agar tahan lama:

  • Pergantian oli.

Kondisi motor bisa dilihat dari kondisi mesinnya. Dengan mesin yang masih prima motor juga akan memberikan performa yang prima. Cara membuat mesin tetap prima di usia tua adalah dengan rutin mengganti oli mesin. Jangan sampai Anda terlambat mengganti oli karena oli lah yang tugasnya melumasi mesin sehingga bisa bekerja dengan lebih ringan. Terlambat mengganti oli bahkan hingga oli habis akan mengakibatkan mesin kendaraan Anda cepat rusak dan kasar jika digunakan.

  • Menggunakan spare part original.

Salah satu tips untuk kinerja motor yang tetap prima adalah penggunaan spare part original sehingga sesuai dengan spare part lainnya. Meski tampaknya pas, namun Anda tidak akan mengetahui jika ternyata spare part KW atau imitasi yang Anda tanamkan akan mengakibatkan gangguan sirkulasi jangka panjang. Jika tak mau ambil resiko dan Anda tetap ingin menggunakan motor kesayangan hingga berusia lama, sebaiknya hanya menggunakan spare part original seperti yang dianjurkan pabrikan.

  • Membeli bensin dari Pertamina.

Kebersihan bahan bakar juga mempengaruhi kondisi mesin. Bahan bakar murni dan bersih akan membuat mesin mudah mengolahnya menjadi energi. Sebaliknya jika Anda kerap menggunakan bahan bakar oplosan bahkan kotor, akan membuat mesin kesulitan mengolahnya bahkan mengakibatkan kerusakan permanen yang tak diinginkan.

Itulah beberapa tips agar Anda bisa menggunakan motor kesayangan hingga berusia tua. Semakin lama usia motor maka bisa jadi motor Anda akan menjadi kendaraan klasik dan unik yang memiliki harga jual lebih tinggi jika Anda merawat kondisinya. Selain perawatan di atas, cara mengemudikan motor juga akan sangat mempengaruhi kondisi mesin dan motor pada umumnya. Kendarailah motor dengan berhati-hati sesuai dengan batas kecepatan agar Anda tidak memaksakan laju kendaraan melebihi batasnya. Dengan penggunaan yang baik dan perawatan maksimal, motor akan memberikan kinerja yang maksimal juga sehingga tetap bisa Anda andalkan meski sudah berusia tua.

Kolom Diskusi

Advertisement