Yuk Ketahui Pantangan Ibu Hamil Muda yang Harus di Hindari

Pada saat sebelum hamil tentunya kita memiliki kebebasan dalam hal apapun seperti mengkonsumsi makanan, atau berpola hidup sesuai yang kita inginkan namun hal itu tidak akan lagi berlaku pada saat seorang wanita mengalami kehamilan. Masa kehamilan memang sebuah masa yang rentan akan resiko-resiko tertentu. Oleh sebab itu pada saat ibu hamil muda perlu adanya pengetahuan mengenai pantangan-pantangan yang harus dihindari agar tidak membahayakan janin yang dikandungnya contohnya seperti mengubah pola hidup dengan memperhatikan asupan-asupan serta memperhatikan kegiatan yang akan dilakukan. Apa sajakah pantangan ibu hamil muda tersebut.

pantangan ibu hamil muda

Pantangan Mengkonsumsi Makanan dan Minuman

Mengkonsumsi makanan dan minuman saat hamil tidak bisa sembarangan begitu saja (baca : Buah yang baik untuk ibu hamil). Jika anda adalah seorang perokok maka anda harus berhenti merokok karena merupakan pantangan ibu hamil muda, hal tersebut akan sangat membahayakan janin dengan cacat permanent. Begitu juga dengan mengkonsumsi alcohol bisa membunuh janin dalam kandungan. Selain itu makanan yang harus dihindari adalah makanan yang memiliki kandungan merkuri seperti omega 3 dan omega 6, makanan seperti junk food dan yang mengandung soda atau juga makanan yang terkandung zat kimia. Hindari juga mengonsumsi buah seperti nanas dan pepaya muda.

Pantangan Mengkonsumsi Makanan dan Minuman Untuk Ibu Hamil

Pantangan Beraktivitas Saat Hamil

Pantangan ibu hamil muda tidak hanya diterapkan pada makanan dan minuman saja, tetapi juga pada aktifitas sehari-harinya.Hamil muda yang rentan membuat para ibu tidak boleh terlalu lelah agar janin tetap bisa berkembang dengan baik. Stress juga akan berpengaruh pada kesehatan janin oleh karena itu stress menjadi pantangan saat hamil. Selanjutnya ibu hamil dilarang untuk melakukan diet, hamil memang merubah bentuk tubuh seorang wanita, hal tersebut wajar dan normal seiring bertumbuhnya janin yang dikandungnya.

Pantangan Penggunaan Obat Saat Hamil

Mengkonsumsi obat-obatan pada saat hamil muda akan berbeda dengan obat-obatan seperti biasanya. Ada beberapa obat pantangan ibu hamil muda yang tidak boleh dikonsumsi seperti saat sebelum hamil. Apabila anda sakit akan lebih baik langsung diperiksakan ke dokter terdekat untuk mendapatkan pengobatan dan jenis obat yang aman untuk ibu hamil dan agar tidak salah langkah sehingga tidak memberikan dampak bahaya untuk janin dan tubuh sang ibu.

Pantangan ibu hamilmuda memang tidaklah sedikit, anda dituntut untuk selalu berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan, beraktifitas dan juga menangani sesuatu yang terjadi pada diri anda.Termasuk dengan bersinggungan langsung dengan hewan juga tidak luput dari sorotan mengingat hewan memiliki beberapa bakteri yang berdampak buruk untuk janin dikandungan.Meskipun anda memiliki hewan peliharaan yang selalu dibawa ke klinik namun tidak menutup kemungkinan juga bahwa hewan anda masih memiliki bakteri yang menempel, mungkin anda harus mengurangi kontak fisik secara langsung dengan hewan peliharaan anda.

Kolom Diskusi

Advertisement